PRUAnugerah Syariah di Surabaya

Peluncuran PRUAnugerah Syariah di Surabaya Disambut Positif oleh Berbagai Media Lokal

Prudential Syariah terus memperkuat perannya dalam memberikan akses perlindungan jiwa seumur hidup bagi masyarakat Indonesia sebagai bentuk warisan bermakna bagi keluarga tercinta melalui PRUAnugerah Syariah. Upaya ini disambut baik oleh berbagai media ternama di Surabaya, seperti Jawa Pos, Radar Surabaya, Antara, Tribun News, Kilas Jatim, dan lebih dari 10 media lainnya dalam kegiatan “Media Gathering Surabaya: Peluncuran Produk PRUAnugerah Syariah”.

Pada kesempatan ini, Paul S. Kartono, Chief Financial Officer Prudential Syariah memaparkan, ”Asuransi jiwa Syariah merupakan salah satu instrumen keuangan yang dapat digunakan sebagai persiapan warisan. Melalui PRUAnugerah Syariah, Peserta mendapatkan Santunan Asuransi hingga 150% sejak awal kepesertaan. Produk ini juga menawarkan Dana Usia Mapan hingga 100% dari total kontribusi yang dibayarkan oleh Peserta. Hal ini menjadi komitmen kami untuk terus menyediakan kebutuhan finansial jangka panjang, demi membantu keluarga Indonesia meraih yang terbaik dalam kehidupan.”

Kesadaran masyarakat Indonesia dalam merencanakan keuangan dinilai masih rendah. Hasil survei menunjukkan masyarakat Indonesia belum memulai perencanaan keuangan pada usia 35 tahun dan baru memulai perencanaan pensiun di usia 41 tahun. Bahkan, berdasarkan data OJK hanya 5,25% dari responden yang yakin  mampu mengelola keuangannya setelah masa pensiun. Kesiapan dalam perencanaan keuangan juga perlu didukung oleh tingkat literasi dan inklusi yang baik.

Hasil temuan menarik juga terlihat dari ketahanan dana darurat yang dimiliki orang Indonesia. Survei menyatakan hanya 9% masyarakat Indonesia yang bisa bertahan lebih dari enam bulan jika kehilangan pendapatan dan mengandalkan dana darurat, sedangkan 46% hanya memiliki 1 minggu untuk bertahan hidup. Keadaan ini memperlihatkan jika masyarakat Indonesia membutuhkan perencanaan keuangan yang lebih matang dan berkelanjutan.

Sementara di Jawa Timur, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK 2021–2025, indeks literasi dan inklusi keuangan Syariah masyarakat Jawa Timur mencapai 28,27% dan 23,56%. Namun, pendapatan perkapita penduduk Jawa Timur tahun 2022 hanya sebesar Rp66,4 juta, masih di bawah rata-rata pendapatan penduduk Indonesia sebesar Rp71 juta. Lebih jauh, menurut Badan Pusat Statistik Provinsi (BPS) Jawa Timur, angka harapan hidup menurut gender pada 2021 menunjukan bahwa umur harapan hidup perempuan dan laki-laki di Jawa Timur mencapai sekitar 73 dan 69 tahun. Sehingga, hal ini berdampak pada angka rasio ketergantungan yakni sebesar 42,59% di tahun yang sama. Artinya, setiap 100 penduduk usia produktif menanggung sekitar 43 orang penduduk usia tidak Produktif.

PRUAnugerah Syariah hadir sebagai solusi yang membantu mempersiapkan tujuan keuangan jangka panjang sesuai kebutuhan bagi keluarga, seperti dana warisan maupun dana pensiun. Hanya dengan kontribusi mulai dari Rp500 ribu per bulan, produk ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat Indonesia yang lebih luas.

Bondan Margono, Head of Product Development Prudential Syariah, menjelaskan bahwa PRUAnugerah Syariah memiliki 8 anugerah bermanfaat bagi para Peserta. “Melalui PRUAnugerah Syariah, Peserta berhak mendapatkan Manfaat Dana Usia Mapan, Santunan Asuransi hingga 150% sejak awal kepesertaan, perlindungan seumur hidup (hingga 120 tahun) meskipun manfaat dana usia mapan telah dibayarkan, Santunan Meninggal Akibat Kecelakaan hingga 350%* jika terjadi kecelakaan dalam Periode Libur Lebaran Idulfitri, Umrah dan Haji, Manfaat Bebas Kontribusi apabila Peserta yang diasuransikan terdiagnosis satu dari 60 penyakit kritis, Fleksibilitas Pilihan Pembayaran 5, 10, atau 15 tahun, Hemat kontribusi hingga 50%, dan juga tersedia Layanan Wakaf”.

Selama satu tahun perjalanan setelah spin-off, sebanyak 520.000 Peserta telah berperan dalam membantu pembayaran manfaat klaim sebesar Rp1,7 Triliun kepada 38.000 Peserta lain yang membutuhkan yang sama-sama tergabung dalam kepesertaan Asuransi Jiwa Syariah. Sebagai Perusahaan yang menyediakan akses perlindungan komprehensif sesuai dengan prinsip Syariah, berkah, dan Amanah di setiap jenjang kehidupan, Prudential Syariah akan terus mempertahankan komitmen serta Amanah dalam mewadahi para Peserta untuk saling tolong menolong.