3 orang bersepakat akan satu hal

Simak 3 Manfaat Asuransi Kesehatan Unggulan Prudential Syariah

Industri asuransi di Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi kesehatan, terutama asuransi kesehatan syariah. Hal ini juga dipicu oleh pandemi Covid-19, di mana banyak orang membutuhkan biaya tambahan guna membiayai pengobatan, baik kebutuhan biaya rawat inap untuk isolasi mandiri hingga perawatan intensif.

Menurut data dari OJK, kontribusi bruto asuransi syariah di Indonesia hingga Q3-2021 melesat sebanyak 41,32% (yoy) menjadi Rp 16,89 triliun. Namun demikian, klaim bruto turut naik signifikan sebesar 64,53% (yoy) menjadi Rp 14,63 triliun. Data ini membuktikan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memilih untuk memberikan perlindungan terhadap diri dan keluarga melalui asuransi kesehatan syariah.

Lalu, apa saja manfaat yang ditawarkan asuransi ini jika dibandingkan asuransi pada umumnya?

Pengertian Asuransi Kesehatan Syariah dan Keunggulannya

Asuransi kesehatan syariah merupakan produk asuransi yang menawarkan cakupan manfaat biaya kesehatan dan perawatan untuk peserta ketika mereka mengalami masalah kesehatan. Namun, semua kegiatan asuransi seperti penentuan kontribusi dan proses klaim dikelola dengan prinsip syariat islam yang sudah ditentukan.

Asuransi ini memiliki dua prinsip utama, yaitu akad tijarah dan tabarru’. Akad tijarah berarti asuransi kesehatan bekerja sebagai kegiatan yang memiliki tujuan komersial, sementara akad tabarru’ menjelaskan tentang kerja sama dengan tujuan kebajikan. Berdasarkan dua prinsip ini, maka disimpulkan bahwa asuransi kesehatan syariah bebas dari praktik riba.

Selain dua prinsip di atas, asuransi ini berdasarkan prinsip takaful dan menggunakan sistem sharing risk dimana para Peserta Asuransi tolong menolong melalui dana tabarru dengan Pengelola sebagai pihak yang mengelola dana. Selain itu, asuransi kesehatan syariah juga sangat menjaga transparansi soal perputaran dana karena peserta asuransi mendapat hak atas uang yang disetor, sesuai dengan persentase tabarru’ dan ujrah.

Mengenal Asuransi Kesehatan Syariah PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah

Prudential Syariah menghadirkan produk baru di sektor asuransi kesehatan syariah, yaitu PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah. Produk yang baru diluncurkan pada April 2022 ini merupakan versi upgrade dari asuransi PRUSolusi Sehat Syariah yang juga merupakan asuransi kesehatan syariah. Lewat produk asuransi kesehatan yang dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip syariah, Peserta Asuransi bisa mendapat cakupan manfaat seperti pembayaran biaya perawatan. Selain itu, peserta juga berpeluang mendapat tambahan fasilitas sebanyak 10-50 persen dari batas awal tahunan.

3 Manfaat PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah

Peserta Asuransi yang menggunakan PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah dapat menikmati sejumlah cakupan manfaat unggulan berikut ini, yaitu:

1.   Manfaat Rawat Inap dan Pembedahan

Peserta Asuransi berhak mendapat kamar rumah sakit untuk rawat inap atau melakukan pembedahan sesuai dengan plan yang diambil. Plan yang disediakan oleh PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah ini terdiri dari Plan Cermat & Plan Bronze-Diamond. Khusus plan Diamond, Anda akan mendapat jaminan kamar rawat inap kelas VIP dan pembedahan di rumah sakit ternama. Selain itu, terdapat sejumlah manfaat lain yang bisa didapatkan, seperti;

-       Telehealth

Telehealth merupakan layanan kesehatan di mana dokter akan melakukan konsultasi, perawatan, dan pengecekan terhadap pasiennya dari jarak jauh. Para Peserta Asuransi dari Prudential Syariah dapat menikmati layanan telehealth ini di rumah sakit Indonesia serta rumah sakit rekanan PMN atau PRUMedical Network yang ada di Malaysia dan Singapura untuk menunjang kesehatan peserta.

-       Pengobatan Tradisional

PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah juga menyediakan fasilitas untuk Peserta Asuransi yang ingin melakukan pengobatan tradisional, seperti terapi atau pengobatan alternatif lainnya, dengan semua biaya ditanggung Pengelola pada plan tertentu.

-       Bedah Rekonstruksi Lainnya karena Kanker atau Kecelakaan

Peserta Asuransi juga mendapat cakupan manfaat biaya untuk layanan bedah rekonstruksi akibat kanker atau kecelakaan.

-       Perawatan Paliatif

Bagi Peserta Asuransi yang menderita penyakit kronis dan tidak dapat disembuhkan, PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah juga menyediakan fasilitas perawatan paliatif untuk menunjang kesehatan dan memaksimalkan kondisi Peserta Asuransi selama perawatan.

-       Perawatan Psikiatris dan Psikologis

Selain perawatan untuk fisik, asuransi kesehatan syariah dari Prudential Syariah ini juga menyediakan fasilitas psikiatris serta psikologis untuk Peserta Asuransi yang membutuhkan konsultasi terkait masalah kejiwaan atau pikiran.

2.   Manfaat Rawat Jalan

Sebagai Peserta Asuransi dari PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah, Anda akan mendapat kemudahan saat melakukan rawat jalan karena biaya terkait akan ditanggung oleh Pengelola Asuransi, seperti konsultasi dokter, perawat, hingga pergantian alat kesehatan selama rawat jalan.

3.   Manfaat Lainnya

Produk asuransi kesehatan syariah satu ini juga memberikan cakupan manfaat lain untuk Peserta, seperti santunan pemakaman, santunan dana marhamah, santunan harian rawat inap, dan santunan HIV/AIDS sesuai plan asuransi yang diambil.

Demikian penjelasan lengkap tentang manfaat yang dapat peserta asuransi rasakan dengan memilih asuransi kesehatan syariah PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah. Peserta dapat menghubungi Prudential Syariah untuk konsultasi dan pendaftaran asuransi melalui website Prudential Syariah. Untuk informasi lebih lengkap seputar produk-produk Prudential Syariah, pastikan Anda follow Instagram serta Facebook Prudential Syariah. Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. PT Prudential Sharia Life Assurance berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.