kesehatan keluarga

Agar Aman dan Nyaman, Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Keluarga Berikut Ini!

Bukan hanya tugas seorang anggota keluarga saja untuk menjaga kesehatan ibu dan anak bahkan keluarganya, namun menjaga kesehatan keluarga adalah kewajiban seluruh anggota di dalamnya. Untuk itu, semua anggota keluarga wajib mengetahui cara menjaga kesehatan keluarga secara baik dan benar agar menciptakan suasana dan lingkungan yang sehat. Mengingat, pola hidup yang sehat selalu diawali dengan adanya peran keluarga.

Banyaknya ancaman kesehatan dari berbagai penyakit, menimbulkan rasa yang wajar apabila Anda khawatir terhadap kondisi kesehatan keluarga. Terlebih, Anda tidak akan pernah tahu kapan sebuah penyakit akan datang menghampiri tubuh Anda maupun sang buah hati. Terdapat pepatah yang mengatakan bahwa “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Oleh karena itu dibutuhkan tindakan preventif dari pihak keluarga, khususnya orang tua, untuk menjaga kondisi kesehatan keluarga dengan cara tertentu. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan keluarga yang tepat? Mari simak selengkapnya hanya dalam artikel ini!

5 Cara Menjaga Kesehatan Keluarga

Menjaga kesehatan bagi diri sendiri maupun keluarga memang tak semudah yang dipikirkan. Namun, ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan keluarga dari berbagai ancaman penyakit, antara lain:

1. Terapkan Pola Hidup Bersih

Tidak perlu tahapan yang membutuhkan banyak biaya, menjaga kesehatan keluarga dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup yang bersih. Ini merupakan poin penting yang harus segera diterapkan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Pasalnya, pola hidup bersih adalah kunci dari terciptanya tubuh dan lingkungan yang sehat.

Anda dapat mengajak anggota keluarga mulai dari hal-hal kecil seperti rutin membersihkan diri setelah melakukan aktivitas di luar. Contoh lainnya adalah dengan menghindari batuk atau bersin langsung menengadah dengan tangan, tetapi sebisa mungkin untuk menutupnya dengan siku atau tisu.

Kemudian, pola hidup bersih juga dapat dilakukan dengan cara menggosok gigi 2 kali sehari secara rutin, memotong kuku, maupun melakukan keramas secara teratur. Selain itu, Anda juga dapat mengingatkan anggota keluarga untuk selalu mencuci tangan dan mengganti baju ketika selesai beraktivitas dari luar.

Dengan menerapkan pola hidup yang bersih, Anda dan keluarga akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang berasal dari serangan bakteri, seperti alergi, diare, disentri, kusta, kolera, bahkan hingga Covid-19 dan jenis penyakit lainnya yang umumnya disebabkan oleh kuman.

2. Terapkan Pola Hidup Sehat

Cara yang dapat dilakukan selanjutnya adalah menerapkan pola hidup sehat. Banyaknya keluarga yang abai terhadap pola hidup sehat, membuat kesehatan menjadi terus menurun dan mendatangkan banyak penyakit. Pasalnya, gaya hidup yang sehat adalah investasi terbesar yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan tubuh yang positif dan jauh dari berbagai penyakit.

Pola hidup sehat dapat diawali dengan memperbaiki jam tidur yang tepat. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, umumnya anak usia sekolah membutuhkan jam istirahat sebanyak 10 jam. Sementara pada anak remaja dianjurkan untuk istirahat sebanyak 8-9 jam, berbeda dengan waktu yang dibutuhkan oleh orang dewasa yakni berupa waktu tidur sebanyak 7-8 jam setiap hari. Anda juga dapat membuat jadwal rutin dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Hal itu akan membantu Anda dan keluarga untuk terhindar dari adanya penyakit pada tubuh.

Aktivitas lainnya yang dapat menjaga tubuh Anda dan orang tersayang dari penyakit adalah melakukan olahraga setiap hari. Olahraga dapat dimulai dari hal yang sederhana seperti naik turun tangga atau jogging di sekitar rumah. Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat, karena dengan bergerak aktif secara konsisten akan membuat tubuh jadi lebih bugar dan sehat.

Anda juga dapat mengingatkan anggota keluarga untuk berhenti merokok bagi mereka yang aktif dalam melakukannya. Selain itu, mulai mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari juga akan membantu tubuh jadi lebih sehat. Pasalnya, makanan adalah salah satu sumber tenaga untuk tubuh yang sangat berpengaruh demi kesehatan. Yang terakhir, pastikan gizi dan protein Anda dan keluarga dapat terpenuhi dengan baik.

3. Saling Mengingatkan Antar Anggota Keluarga

Seperti yang telah dibahas di atas, menjaga kesehatan keluarga memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perbedaan aktivitas, usia, jenis kelamin, kebiasaan dan kondisi tubuh anggota keluarga menjadi tantangan tersendiri untuk menjaga kesehatan keluarga yang optimal.

Oleh karena itu, dibutuhkan usaha yang ekstra dan konsisten untuk selalu mengingatkan anggota keluarga agar dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal kecil yang nantinya dapat berdampak besar bagi kesehatan keluarga. Dengan bantuan saling mengingatkan antar anggota, tentunya tidak hanya menciptakan tubuh yang sehat, namun juga melahirkan suasana yang positif di dalam peran keluarga.

4. Edukasi Kesehatan

Memberi edukasi kesehatan kepada anggota keluarga tentang topik-topik kesehatan seperti pencegahan penyakit, pola makan yang sehat, olahraga, serta tanda dan gejala yang perlu diwaspadai. Selain kesehatan fisik, perhatikan juga kesehatan mental keluarga. Buka komunikasi dengan anggota keluarga untuk memahami perasaan dan kebutuhan mereka.

Baca Juga : Perencanaan Keuangan Keluarga: Mengoptimalkan Manfaat Asuransi Prudential Syariah

5. Proteksi Kesehatan Keluarga dengan Asuransi yang Tepat

Tak lengkap rasanya jika menerapkan tindakan preventif di atas tanpa adanya proteksi dua kali lipat demi menjaga kesehatan keluarga. Karena keluarga adalah harta yang paling berharga, maka cara lain untuk terhindar dari berbagai ancaman penyakit adalah dengan produk asuransi yang tepat.

Manfaat memiliki asuransi kesehatan keluarga dapat dirasakan dengan jangka waktu yang panjang, sehingga hidup menjadi aman dan tentram jika merasa lebih terproteksi. Dalam rangka meminimalisir dan menjaga keluarga dari penyakit, Anda dapat percayakan pelayanan kesehatan pada PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah yang merupakan produk asuransi kesehatan Prudential Syariah.

Tak perlu khawatir, PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah tidak hanya memberikan perlindungan di Indonesia, namun juga dengan jangkauan internasional sesuai standar pelayanan Prudential Syariah. Menggunakan konsep syariah, produk ini telah memperoleh surat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa langsung menuju website Prudential Syariah atau bisa juga melalui Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577.