Sebelum Mudik, Ketahui Tips Berikut Ini Agar Perjalanan Lebaran Anda Aman dan Nyaman!

Momen menjelang hari raya identik dengan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Mode transportasi yang digunakan pun akan berbeda-beda, mulai dari transportasi umum hingga pribadi.

Bagi Anda yang memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, tentunya wajib berhati-hati saat berkendara agar selamat sampai tujuan.

Nah, terdapat beberapa hal yang harus disiapkan agar perjalanan mudik Anda lancar. Inilah tips mudik aman dan nyaman, agar Anda terhindar dari berbagai macam risiko yang bisa saja hadir dalam perjalanan mudik lebaran.

Risiko Saat Mudik Lebaran Menggunakan Kendaraan Pribadi

 

Mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor memang lebih nyaman dan fleksibel. Namun, hal ini tentu memiliki risiko tersendiri. Berikut adalah beberapa risiko diantaranya:

1.   Kecelakaan Kendaraan

Kecelakaan kendaraan merupakan hal yang sangat sering terjadi ketika mudik lebaran. Mulai dari kelelahan, terlalu padatnya kendaraan, hingga kurang waspadanya pengemudi menjadi beberapa faktor penyebab kecelakaan tersebut.

Dilansir dari Detik Finance, 3.457 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi saat mudik lebaran tahun 2022 lalu. Jadi, selalu berhati-hati dan waspada ketika sedang mengendarai kendaraan selama mudik, ya.

2.   Ancaman Debu dan Polusi Udara

Jika Anda mudik menggunakan kendaraan bermotor, waspadalah terhadap ancaman polusi udara dan debu selama perjalanan. Pasalnya, Anda akan berkendara menggunakan motor selama berjam-jam. dan menghirup polusi dan debu tersebut untuk waktu yang cukup lama.

Masalahnya, hal ini akan meningkatkan resiko terjadinya berbagai jenis penyakit. Selalu jaga kesehatan, gunakan helm, serta masker untuk melindungi Anda selama perjalanan.

3.   Gangguan Kesehatan Lainnya

Tak hanya orang-orang yang terpapar polusi udara yang akan mendapat gangguan kesehatan. Jika Anda mudik berjam-jam dan terkena macet, maka ada kemungkinan Anda akan mengalami gangguan kesehatan seperti turunnya metabolisme, sakit pinggang, kurangnya konsentrasi, serta kelelahan.

Untuk mencegah hal ini, Anda dan keluarga dapat beristirahat beberapa kali selama perjalanan. Selain untuk menjaga kebugaran, hal ini dapat menyegarkan tubuh dan pikiran Anda.

Tips Mudik Aman dan Nyaman

 

Berikut ini adalah 6 tips mudik aman dan nyaman yang dapat Anda lakukan dalam mempersiapkan mudik lebaran 2023.

1.   Cek Kembali Kendaraan

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya cek kembali kendaraan yang akan Anda gunakan. Jika tidak begitu paham mengenai kendaraan, Anda bisa membawanya ke bengkel agar dicek oleh teknisi berpengalaman.

Hal ini untuk memastikan bahwa kendaraan aman sehingga perjalanan mudik Anda juga akan lancar. Segera ganti sparepart kendaraan jika ada kerusakan agar tidak mengganggu perjalanan Anda. Jangan lupa juga untuk selalu mengisi penuh bensin untuk kenyamanan berkendara.

2.   Menerapkan Protokol Kesehatan

Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Walaupun pandemi sudah dinyatakan berakhir, namun Anda dan keluarga jangan sampai lalai terhadap kesehatan.

Selalu sedia obat-obatan, suplemen atau vitamin, hand sanitizer dan tisu basah. Penting untuk menjaga kebersihan tangan Anda dari kuman sebelum menyentuh makanan agar terlindungi dari berbagai penyakit.

3.   Hindari Membawa Uang Tunai yang Banyak

Bawa uang tunai secukupnya agar Anda tidak menjadi pusat perhatian terutama bagi Anda yang akan mudik menggunakan motor. Pasalnya jika anda membawa uang tunai terlalu banyak, hal ini akan membuat penjahat mengintai dan tentunya akan membahayakan nyawa Anda.

Sebisa mungkin manfaatkan metode pembayaran tanpa uang tunai seperti, dengan kartu kredit, debit, e-money, atau pun QRIS.

4.   Cek Rute Perjalanan secara Berkala

Cek rute perjalanan secara berkala agar Anda tidak tersesat di tengah perjalanan. Anda juga dapat memeriksa rute perjalanan untuk mengetahui titik macet atau kecelakaan agar Anda dapat menghindari jalan tersebut.

5.   Berhati-hati saat Ditawari Makanan atau Minuman oleh Orang Asing

Ketika Anda sedang menepi untuk beristirahat seperti di pinggir jalan atau rest area, jangan menerima makanan atau minuman yang ditawarkan oleh orang asing. Pasalnya. kita tidak tahu apakah minuman atau makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Lebih baik Anda membeli makanan atau minuman sendiri di tempat yang terpercaya seperti minimarket agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda juga dapat membawa perbekalan yang cukup dari rumah agar tidak perlu membelinya lagi di pinggir jalan.

6.   Mempersiapkan Asuransi

Untuk berjaga-jaga dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda mempersiapkan asuransi selama perjalanan mudik. Memiliki asuransi memberikan Anda maupun keluarga proteksi ekstra dari berbagai risiko selama mudik yang tidak terduga.

Tentu saja Anda harus memilih mitra bisnis asuransi yang dapat dipercaya seperti Prudential Syariah. Prudential Syariah memiliki produk asuransi jiwa PRUCinta dengan berbagai manfaat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai asuransi syariah dari Prudential Syariah, silakan kunjungi akun Instagram atau Facebook Prudential Syariah atau kunjungi laman web Prudential Syariah. Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. Prudential Syariah adalah perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah terkemuka di Indonesia. PT Prudential Sharia Life Assurance amanah dalam mengelola dana peserta sesuai dengan prinsip syariah serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.