seorang sedang melihat laptop

Kenalan dengan Halal Lifestyle dan Penerapannya yang Lagi Marak

Halal lifestyle atau gaya hidup halal kini tengah marak diadopsi dalam kehidupan umat Islam di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Dalam agama Islam, halal adalah sesuatu yang boleh dikonsumsi dan dilakukan oleh seorang muslim. Jika dulunya halal lebih banyak berkaitan dengan makanan, minuman, dan segala hal yang dikonsumsi ke dalam tubuh, kini pengertian tersebut sudah diperluas dan semakin berkembang. Halal sudah diterapkan dalam segala aspek kehidupan seorang muslim, tidak terbatas pada apa yang dikonsumsi masuk ke dalam tubuh.

Lantas, ingin tahu lebih lanjut tentang halal lifestyle? Simak informasi selengkapnya!

Mengenal Tren Halal Lifestyle

Halal lifestyle adalah gaya hidup halal yang merujuk pada kewajiban seorang muslim dalam mengonsumsi dan menggunakan segala sesuatu yang dikategorikan halal menurut ajaran Islam. Gaya hidup halal merujuk pada cara Anda menjalani hidup dengan mengedepankan dan menjaga prinsip halal pada setiap aspek kehidupan. Halal tidak hanya diterapkan pada makanan yang akan dimakan, namun juga produk yang digunakan, kebiasaan, aktivitas, tingkah laku, minat dan ketertarikan, hingga pilihan produk asuransi syariah.

Gaya hidup halal ini pada akhirnya mendorong seorang muslim untuk menggunakan, mengonsumsi, dan menaruh minat pada produk-produk yang sudah dijamin halal sesuai dengan prinsip ajaran Islam. Umat Islam akan sangat memperhatikan bagaimana suatu produk diproduksi, diolah, dikelola, didapatkan, dan sebagainya untuk memastikan kehalalannya.

Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan potensi tinggi masyarakatnya menerapkan halal lifestyle dalam kehidupannya. Pasalnya, Indonesia menempati posisi ke-4 untuk nilai Global Islamic Economy (GIE) tahun 2022 sesuai dengan data dari Global Islamic Economy Report. Tak mengejutkan jika kemudian banyak industri, termasuk perbankan yang mulai menawarkan produk halal sesuai dengan prinsip hidup halal lifestyle.

Penerapan Gaya Hidup Halal

Penerapan gaya hidup halal bisa dibilang mencakup seluruh aspek kehidupan seorang muslim. Oleh karena itu, penerapan halal lifestyle ini tidak hanya terbatas pada makanan dan minuman yang dikonsumsi, namun sudah lebih dari itu. Umat Islam yang mengadopsi gaya hidup halal akan memilih industri farmasi, kesehatan, kosmetik, peralatan mandi, bahkan peralatan medis yang halal.

Umat Islam juga akan mempertimbangkan sektor jasa seperti percetakan, logistik, pemasaran, pembiayaan, branding, dan pengemasan yang halal. Data dari Global Islamic Economy Report (GIER) menunjukkan bahwa prospek ekonomi islam global akan sangat berkembang pada tahun 2024 seiring dengan tren halal lifestyle yang diterapkan oleh masyarakat di berbagai negara di dunia.

Sebagai contoh, sektor yang akan meningkat seiring dengan maraknya gaya hidup halal ini adalah makanan, keuangan Islam, travel, fashion, media dan rekreasi, farmasi, dan kosmetik. Dapat dilihat bahwa minat masyarakat terhadap produk halal kini tidak hanya pada food and beverages, tapi juga sudah meluas hingga produk keuangan.

Asuransi Syariah untuk Gaya Hidup Halal

Mengingat gaya hidup yang mengedepankan prinsip halal ini mencakup seluruh aspek dalam kehidupan, maka Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk memilih produk asuransi syariah. Pengelolaan produk asuransi syariah sudah disesuaikan dengan prinsip Islam sehingga bebas dari riba. Asuransi syariah ini berdasar prinsip tolong menolong dan saling melindungi antar-peserta. Asuransi syariah juga jadi langkah ikhtiar seorang muslim tanpa bermaksud mendahului takdir.

Dalam pengelolaan asuransi syariah, ada beberapa akad yang akan digunakan. Akad tersebut pun dipastikan sudah sesuai dengan prinsip Islam sehingga dijamin kehalalannya. Bahkan melalui Dewan Syariah Nasional (DSN), produk asuransi syariah juga sudah dijamin halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui  fatwa MUI tentang jaminan halal asuransi syariah, yakni Fatwa No. 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah. Dalam asuransi syariah, dikenal beberapa akad, yakni tabarru’, mudharabah, wakalah bil ujrah, dan mudharabah musytarakah.

Ketika Anda menerapkan halal lifestyle, maka salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan produk asuransi. Untuk lebih amannya, pilihlah produk asuransi syariah yang ditawarkan oleh Prudential Syariah. Prudential Syariah menawarkan produk PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah untuk solusi kesehatan Anda, yaitu asuransi kesehatan syariah yang mencakup layanan pra-rawat inap hingga pemulihan.

Untuk informasi lain seputar produk asuransi syariah dari Prudential Syariah, kunjungi website Prudential Syariah. Pastikan juga Anda follow Facebook dan Instagram Prudential Syariah agar tidak ketinggalan update terbarunya! Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. PT Prudential Sharia Life Assurance berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.