Cha-Ching Money Adventures

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Mengajak Anak dan Orang Tua Belajar Literasi Keuangan Melalui Cha-Ching Money Adventures

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) memperkuat komitmennya meningkatkan pemahaman literasi keuangan anak-anak Indonesia melalui peluncuran permainan edukatif berbasis website atau e-learning interaktif “Cha-Ching Money Adventures” yang telah diselenggarakan di Urban Forest Cipete, Jakarta pada Sabtu, 15 Juli 2023.

Diperkenalkan pertama kali secara global pada 2022, kini Cha-Ching Money Adventures hadir dalam versi Bahasa Indonesia dan memiliki rangkaian permainan interaktif untuk membantu anak usia 7 - 12 tahun semakin cerdas membuat keputusan finansial sejak dini.

Peluncuran Cha Ching Money Adventures di Indonesia diramaikan melalui beragam kegiatan menarik seperti permainan seru dan financial talkshow. Peluncuran program ini dihadiri oleh Dr. Sugiyanto, M.Pd, Widyaprada Ahli Madya, Direktorat SD, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Aman Santosa, Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK yang diwakilkan oleh
F. A. Purnama Jaya, Deputi Direktur Informasi, Dokumentasi, dan EPK Kantor OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, dan Budi Tampubolon, Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, serta murid-murid dari berbagai sekolah dasar di DKI Jakarta, termasuk di antaranya anak-anak dari karyawan, tenaga pemasar, dan nasabah Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

 

Michellina L. Triwardhany (Dhany), President Director Prudential Indonesia, menyampaikan, "Pengetahuan tentang keuangan adalah kemampuan dasar yang perlu diajarkan sejak dini pada anak-anak, untuk membantu mereka membangun pondasi yang kuat di masa mendatang. Kami berharap upaya kami untuk terus mengedukasi anak-anak Indonesia akan pengetahuan finansial dapat menjadi alat yang dibutuhkan agar nantinya mereka menjadi generasi yang sukses dan lebih sejahtera, serta #YakinMelangkah untuk mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan."

"Cha-Ching yang diperkenalkan pada tahun 2013 pada Cartoon Episodes di Cartoon Network oleh Prudence Foundation bekerja sama dengan JA Asia Pacific dan telah menerima berbagai penghargaan internasional, adalah sebuah program yang memungkinkan para guru memberikan edukasi finansial secara terstruktur di kelas. Di seluruh Asia dan Afrika, Cha-Ching telah dijalankan di 15 negara dan mengedukasi 1,2 juta anak-anak.” ujar Marc Fancy, Executive Director Prudence Foundation.

Marc pun menambahkan bahwa dalam rangka melengkapi pembelajaran kurikulum Cha-Ching, saat ini hadir permainan Cha-Ching Money Adventures yang disinisiasi Prudence Foundation, bekerja sama dengan Education Development Center (EDC) di New York dan Two Bulls. Melalui sistem pembelajaran e-learning interaktif, Cha-Ching Money Adventures dapat membantu anak merancang tujuan keuangan dan membuat keputusan finansial yang bijaksana. Terdapat empat konsep dasar keuangan yang diajarkan dalam kurikulum Cha-Ching, yaitu Memperoleh (Earn), Menyimpan (Save), Membelanjakan (Spend), dan Menyumbangkan (Donate).

Sementara itu, Omar S. Anwar, President Director Prudential Syariah, mengatakan kehadiran Cha-Ching Money Adventures Games yang diinisiasi oleh Prudence Foundation juga mewujudkan nilai-nilai adil, transparan, inklusif, penuh kasih, dan saling tolong-menolong yang selaras dengan prinsip Prudential Syariah yaitu "Syariah untuk Semua". “Dengan menanamkan nilai-nilai ini kepada anak-anak, kami berharap upaya ini dapat membentuk generasi yang tidak hanya memiliki pemahaman keuangan yang kuat, tetapi juga bertindak secara bertanggung jawab dan etis dalam perjalanan keuangan mereka” ujar Omar.

Dalam acara ini, anak-anak beserta orang tua pendamping mencoba langsung berbagai aktivitas dan permainan Cha-Ching Money Adventures seperti band Cha-Ching yang terdiri dari enam karakter, yaitu Prudence, Bobby, Justin, Pepper, Zul, dan Charity. Permainan Cha-Ching Money Adventures juga dapat diakses oleh masyarakat luas melalui situs adventures.cha-ching.com secara gratis. Para orang tua yang hadir juga mengikuti talkshow bertema “Cerdas Kelola Uang untuk Masa Depan Sejahtera” dan menghadirkan FDV Wulansari, Financial Trainer QM Financial, sebagai pembicara, juga pengenalan Literasi Asuransi yang dibawakan oleh Ibu Yulinda Basir, Head of Client Relations Centre Prudential IndonesiaTalkshow tersebut membahas tentang pentingnya manajemen finansial pada anak usia dini, tips mengelola keuangan keluarga, dan pentingnya proteksi dalam melindungi tujuan keuangan pribadi dan keluarga.

Dalam memperkenalkan Cha-Ching Money Adventures, Prudential Indonesia dan Prudential Syariah bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia, sebuah lembaga nirlaba yang merupakan bagian dari JA Asia Pacific. Sebelumnya, Prudential Indonesia juga telah bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia untuk memproduksi enam serial video Cha-Ching yang disiarkan melalui televisi dan kanal YouTube.

Selain program Literasi Keuangan untuk Anak (Cha-Ching), Prudential Indonesia dan Prudential Syariah juga memiliki program Literasi Keuangan dan Asuransi untuk anak muda dan dewasa yang diimplementasikan melalui berbagai media, baik offline secara tatap muka, maupun online, termasuk awareness via media sosial. Edukasi literasi keuangan dan asuransi yang dilakukan kedua perusahaan  hingga bulan Mei 2023 telah mencapai lebih dari 65 juta orang.