Apa itu dana usia mapan

Apa itu Dana Usia Mapan? Pengertian dan Manfaatnya

Dana Usia Mapan adalah salah satu manfaat penting yang bisa didapatkan dari Asuransi Jiwa PRUAnugerah Syariah yang dapat melindungi finansial Anda dan keluarga. Pada artikel ini, Prudential Syariah akan membahas secara mendalam tentang apa itu Dana Usia Mapan, mulai dari pengertian hingga manfaatnya.

Untuk memahami konsep ini dengan lebih baik, Anda dapat membaca artikel "PRUAnugerah Syariah, Inovasi Syariah Pertama di Indonesia sebagai Produk Perlindungan Jiwa untuk Persiapan Warisan" dari Prudential Syariah. Artikel tersebut akan membahas mengenai produk Asuransi Jiwa PRUAnugerah Syariah serta berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, termasuk Manfaat Dana Usia Mapan.

Sekarang, mari lanjutkan pembahasan mengenai apa itu Dana Usia Mapan. Pelajari selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Dana Usia Mapan

Dana Usia Mapan adalah Dana yang diproyeksikan hingga 100%* dari total kontribusi yang dibayarkan dan akan diterima kembali secara sekaligus saat berusia 60 tahun. Bahkan, setelah Manfaat Dana Usia Mapan diterima, Peserta Yang Diasuransikan masih terus menerima perlindungan dari Asuransi Jiwa Syariah PRUAnugerah Syariah hingga usia 120 tahun.

*Syarat dan Ketentuan berlaku.

Ketentuan Besaran Manfaat Dana Usia Mapan

Besaran Manfaat Dana Usia Mapan yang akan Anda terima diproyeksikan sebagai persentase dari total kontribusi yang telah dibayarkan sebagai Pemegang Polis. Persentase ini akan bervariasi tergantung pada usia masuk Peserta Yang Diasuransikan dan pada saat pembayaran manfaat, serta sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Ringkasan Polis.

Usia 1-55 Tahun

Manfaat Dana Usia Mapan akan dibayarkan pada ulang tahun polis terdekat setelah Peserta Yang Diasuransikan berusia 60 tahun (usia sebenarnya). Besaran manfaat pada usia ini adalah 100% dari kontribusi yang telah dibayarkan.

Usia 56-60 Tahun

Manfaat Dana Usia Mapan akan dibayarkan pada ulang tahun polis terdekat setelah Peserta Yang Diasuransikan berusia 80 tahun (usia sebenarnya). Besaran manfaat pada usia ini adalah 80% dari kontribusi yang telah dibayarkan

Usia 61-70 Tahun

Manfaat Dana Usia Mapan akan dibayarkan pada ulang tahun polis terdekat setelah Peserta Yang Diasuransikan berusia 80 tahun (usia sebenarnya). Besaran manfaat pada usia ini adalah 20% dari kontribusi yang telah dibayarkan.

Ilustrasi Skema Manfaat Dana Usia Mapan

Pak Anugerah adalah seorang pekerja berusia 35 tahun dan ingin santunan asuransi sebesar Rp1 miliar dengan uang kontribusi sebesar Rp19.558.000 per tahun dalam masa pembayaran kontribusi selama 15 tahun. Dengan data tersebut, maka total kontribusi yang dibayarkan Pak Anugerah adalah:

Rp19.558.000 x 15 tahun = Rp293.370.000

Diketahui Pak Anugerah masih hidup dan polis masih aktif hingga dia berusia 60 tahun. Oleh karena itu, Pak Anugerah berhak mendapatkan Manfaat Dana Usia Mapan sebesar:

Rp293.370.000 atau senilai total kontribusi yang telah dibayarkan selama 15 tahun (100%)

Setelah mendapatkan Manfaat Dana Usia Mapan ini, Pak Anugerah masih tetap terproteksi hingga berusia 120 tahun meskipun uang kontribusinya sudah dikembalikan.

Ketentuan Manfaat Dana Usia Mapan Lainnya

Selain yang sudah dijelaskan di atas, terdapat sejumlah aspek lain yang perlu Anda ketahui mengenai Manfaat Dana Usia Mapan, yaitu:

1. Keputusan Underwriting

Dalam hal Polis Anda dikenakan keputusan underwriting oleh Pengelola, yang mengharuskan penambahan kontribusi oleh Pemegang Polis.Perlu diingat bahwa tambahan kontribusi tersebut tidak akan dialokasikan ke dalam Dana Nilai Tunai Peserta dan tidak akan diperhitungkan dalam Manfaat Dana Usia Mapan.

2. Manfaat Bebas Kontribusi

Apabila Anda memenuhi syarat untuk Manfaat Bebas Kontribusi, besaran Manfaat Dana Usia Mapan yang akan dibayarkan oleh Pengelola akan diproyeksikan sebesar jumlah kontribusi yang telah Anda bayarkan sebagai Pemegang Polis dan/atau oleh Peserta Yang Diasuransikan sebelum Manfaat Bebas Kontribusi disetujui.

3. Sumber Dana

Manfaat Dana Usia Mapan yang dibayarkan oleh Pengelola berasal dari Dana Nilai Tunai Peserta yang dikelola menggunakan Akad Mudharabah. Manfaat ini akan dibayarkan secara otomatis ke rekening bank Pemegang Polis sesuai dengan informasi yang tercantum dalam SPAJ Syariah dan setiap perubahan yang mungkin terjadi.

4. Penarikan Kelebihan Dana Nilai Tunai

Apabila Dana Nilai Tunai Peserta yang terbentuk untuk membayarkan Manfaat Dana Usia Mapan lebih dari proyeksi yang disebutkan dalam ketentuan besarannya, Anda berhak menarik seluruh kelebihan Dana Nilai Tunai Peserta tersebut bersamaan dengan Manfaat Dana Usia Mapan. Pengelola akan memberikan informasi tertulis mengenai kelebihan Dana Nilai Tunai Peserta tersebut.

Apabila kelebihan Dana Nilai Tunai Peserta tidak ditarik bersamaan dengan pembayaran Manfaat Dana Usia Mapan sebagaimana yang dimaksud di atas, kelebihan Dana Nilai Tunai Peserta tersebut hanya dapat dibayarkan pada saat klaim Manfaat Asuransi dibayarkan, saat Pemegang Polis melakukan Penebusan Polis (Surrender), atau saat Polis berakhir.

5. Penyesuaian Proyeksi Manfaat

Apabila Dana Nilai Tunai Peserta yang terbentuk untuk membayarkan Manfaat Dana Usia Mapan lebih rendah dari proyeksi yang disebutkan dalam ketentuan besarannya, Pengelola akan melepaskan haknya untuk menyesuaikan proyeksi Manfaat Dana Usia Mapan dari Nisbah Pengelolaan Dana Nilai Tunai yang diterima oleh Pengelola atas Pemegang Polis tersebut.

6. Ketentuan Terbatas

Apabila Nisbah Pengelolaan Dana Nilai Tunai Peserta yang diterima oleh Pengelola atas Pemegang Polis tersebut tidak mencukupi untuk menyesuaikan proyeksi Manfaat Dana Usia Mapan seperti yang disebutkan pada ketentuan penyesuaian proyeksi manfaat, Manfaat Dana Usia Mapan yang akan diterima oleh Pemegang Polis adalah sebesar Nilai Tunai yang terbentuk pada saat pembayaran Manfaat Dana Usia Mapan beserta Nisbah Pengelolaan Dana Nilai Tunai Peserta yang diterima oleh Pengelola atas Pemegang Polis tersebut (jika ada).

Bagaimana? Asuransi Jiwa PRUAnugerah Syariah menarik sekali, kan? Dengan Manfaat Dana Usia Mapan yang diproyeksikan hingga 100% dari total kontribusi yang dibayarkan, Anda dapat merencanakan rencana keuangan di masa depan dengan lebih baik lagi. Jadi, jangan berlama-lama lagi, yuk lindungi diri dan keluarga Anda dengan Asuransi Jiwa Syariah Seumur Hidup ini. Hubungi kami sekarang juga untuk berkonsultasi secara gratis dan ikuti laman Instagram resmi kami di @prudentialsyariahindonesia agar Anda tidak ketinggalan informasi!