wanita sedang ngobrol

3 Manfaat Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri Syariah

Seperti kita tahu, setiap pekerjaan yang kita lakukan memiliki risiko kecelakaan yang tidak boleh dianggap remeh. Apalagi bagi Anda yang sedang berusia produktif dan memiliki aktivitas harian cukup padat di luar rumah. Setiap kali berada di luar rumah, ada keluarga yang menunggu dan berharap kita pulang dengan selamat.

Tak jarang, pekerjaan yang Anda lakukan memiliki risiko tinggi terkait keamanan dan keselamatan. Belum lagi jika dihadapkan pada fakta bahwa tingkat kecelakaan kerja di Indonesia mengalami peningkatan sejak 2020, melansir data BPJS Kesehatan. Fakta tersebut tentu semakin membuktikan pentingnya manfaat asuransi kecelakaan diri syariah.

Manfaat asuransi kecelakaan diri syariah bisa membantu Anda menangani berbagai risiko, terutama jika berkaitan dengan kecelakaan kerja. Penting bagi Anda, terutama yang berusia produktif dan memiliki aktivitas padat di luar ruangan, untuk memiliki asuransi jenis ini. Nah, pemilihan asuransi kritis sendiri yang sesuai kebutuhan dan terbaik bukanlah perkara mudah. Ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan. Simak selengkapnya!

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Diri yang Sesuai

Ada beberapa cara yang wajib Anda perhatikan sebelum memilih asuransi kecelakaan diri syariah. Berikut penjelasan lengkapnya.

1.   Perhatikan cakupan manfaat yang diberikan

Pertama, sebelum memilih asuransi kecelakaan diri, Anda harus pelajari dan perhatikan manfaat yang ditawarkan, sehingga Anda bisa membandingkan satu produk asuransi dengan yang lainnya dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah manfaat mana yang paling tinggi penawarannya dengan kontribusi seminimal mungkin. Sejalan dengan manfaat, perhatikan juga syarat-syarat yang ditetapkan oleh pengelola asuransi syariah, seperti usia pendaftaran, nilai kontribusi, dan sebagainya.

2.   Pilih polis asuransi yang sesuai kebutuhan

Setiap asuransi pasti memiliki jenis polis yang berbeda-beda, termasuk polis dalam asuransi kecelakaan diri syariah. Masing-masing jenis polis tentu memiliki manfaat tersendiri. Jadi, penting bagi Anda untuk memahami dulu kebutuhan yang dimiliki.

Misalnya, apakah Anda ingin mendapat perlindungan (coverage) secara full untuk seluruh jenis risiko kecelakaan atau hanya sebagian? Dengan mengetahui kebutuhan tersebut, maka manfaat asuransi kecelakaan diri pun bisa optimal.

3.   Sesuaikan dengan budget

Tak kalah penting, jangan lupa sesuaikan budget dengan kontribusi yang harus Anda berikan. Pilihlah asuransi yang menawarkan manfaat maksimal, namun masih dalam jangkauan kemampuan Anda. Cara termudahnya adalah dengan membandingkan beberapa jenis asuransi kecelakaan diri syariah. Pilih yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

4.   Pilih pengelola asuransi yang terpercaya

Terakhir, pilihlah pengelola asuransi yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam melayani Peserta Yang Diasuransikannya. Reputasi baik yang dimiliki perusahaan juga berkaitan dengan kemudahan klaim yang mereka miliki, sehingga kedepannya proses tersebut tidak akan menyulitkan Anda. Selain itu, asuransi yang terpercaya juga bisa dilihat dari rekam jejaknya, Anda bisa melihat dari testimoni-testimoni Peserta Yang Diasuransikan terdahulu maupun melihat kinerja keuangan dari Perusahaan tersebut.

 

PRUPersonal Accident Death & Disablement Plus Syariah, Asuransi Kecelakaan Diri Syariah yang Bisa Diandalkan

Membahas soal asuransi kecelakaan diri syariah, salah satu penyedia asuransi terpercaya yang bisa diandalkan adalah Prudential Syariah. Prudential Syariah menyediakan produk asuransi kecelakaan diri syariah, PRUPersonal Accident Death & Disablement Plus Syariah. Produk asuransi ini merupakan asuransi tambahan (rider) dari polis dasar Produk Asuransi yang dikaitkan Investasi (PAYDI) PRULink Syariah Generasi Baru. Dalam prosesnya, pengelolaan dana pada asuransi ini menerapkan prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan kaidah Islam.

 

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri Syariah, PRUPersonal Accident Death & Disablement Plus Syariah

Tentunya PRUPersonal Accident Death & Disablement Plus Syariah dapat memberikan berbagai manfaat asuransi kecelakaan diri yang dibutuhkan Peserta Yang Diasuransikan. Berikut ini adalah manfaat-manfaat tersebut, yaitu:

1.   Santunan asuransi atas kecelakaan

PRUPersonal Accident Death & Disablement Plus Syariah memberikan santunan atas kecelakaan yang terjadi pada Peserta Yang Diasuransikan dengan berbagai kriteria. Mulai dari meninggal dunia karena kecelakaan, cacat total karena kecelakaan, patah tulang karena kecelakaan, hingga luka bakar karena kecelakaan. Semua kriteria di atas akan mendapat santunan sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam polis.

2.   Penggantian biaya rawat jalan darurat   

Selain santunan di atas, PRUPersonal Accident Death & Disablement Plus Syariah juga mengganti biaya rawat jalan darurat yang harus dikeluarkan karena kecelakaan. Jumlahnya sendiri bisa sesuai tagihan, atau maksimum 10% santunan asuransi, disesuaikan kembali dengan ketentuan yang ada di dalam polis.

3.   Bisa memberikan 2x santunan asuransi

Produk asuransi ini juga memberikan manfaat dua kali santunan asuransi jika Peserta Yang Diasuransikan  meninggal dunia, yakni pada saat:

  • Memakai sarana transportasi rute umum darat.

  • Merupakan penumpang resmi maskapai atau penerbangan komersil yang memiliki lisensi.

  • Memakai elevator kecuali elevator pertambangan atau di tempat konstruksi.

  • Ada di dalam gedung teater, hotel, atau bangunan umum lain yang terbakar.

 

Demikian penjelasan seputar manfaat asuransi kecelakaan diri syariah yang bisa membantu Anda mempersiapkan diri dari berbagai risiko kecelakaan. Mari melindungi diri dengan PRUPersonal Accident Death & Disablement Plus Syariah yang bisa Anda dapatkan informasinya dengan klik di sini. Simak juga informasi seputar asuransi syariah di website, Instagram, dan Facebook dari Prudential Syariah!