diskusi biaya pendidikan

PRUCerah, Solusi Mahalnya Biaya Pendidikan

Saat ini, biaya pendidikan di Indonesia terus mengalami kenaikan. Mahalnya biaya pendidikan ini tentu akan memberatkan masyarakat. Berdasarkan laporan investigasi Kompas Juli 2022 yang dilansir pada situs The Conversation, biaya untuk perguruan tinggi saja bisa naik sekitar 1,3% untuk perguruan tinggi negeri dan 6,96% untuk perguruan tinggi swasta.

Salah satu alasan terbesar kenapa biaya kuliah mahal masih berkaitan dengan meningkatnya inflasi dari tahun ke tahun. Belum selesai soal biaya pendidikan, kebutuhan selama masa sekolah dan kuliah pun tidak bisa disebut murah. Padahal pendidikan adalah hal penting untuk kemajuan bangsa, karena sumber daya manusia yang akan mengemban negara di masa mendatang memerlukan pendidikan yang baik.

Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk bisa memenuhi kebutuhan biaya pendidikan. Saat ini, terdapat salah satu cara untuk memberikan proteksi masa depan anak, terlebih soal biaya pendidikan untuk kuliah, yaitu dengan mengikuti asuransi jiwa syariah.

Asuransi jiwa syariah akan memberikan manfaat perlindungan biaya pendidikan agar tidak terlalu terasa memberatkan. Anda dapat memilih produk yang bisa menjawab kebutuhan Anda dari Prudential Syariah. Perusahaan asuransi syariah ini memiliki produk PRUCerah untuk proteksi dana pendidikan anak. Lalu, apa saja kelebihan dari PRUCerah dari Prudential Syariah ini?

Keistimewaan PRUCerah demi proteksi maksimal untuk anak 

Tujuan dari PRUCerah sebagai proteksi maksimal anak adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak sampai tuntas. Biaya pendidikan yang semakin mahal pun bisa ditanggung asuransi jiwa syariah. Ini bisa menjadi solusi mahalnya biaya pendidikan dari tahun ke tahun. Anak sebagai Peserta Utama Yang Diasuransikan akan mendapatkan manfaat dana pendidikan seperti penarikan tunai sekaligus dan berkala.

  • Terdapat manfaat dana pendidikan 

Asuransi jiwa syariah PRUCerah menawarkan dua jenis manfaat penarikan tunai dana pendidikan, yakni penarikan tunai sekaligus dan berkala (dilakukan per bulan). Manfaat penarikan tunai sekaligus akan diberikan ketika masa tunggu manfaat dana pendidikan berakhir. Sedangkan pada manfaat penarikan tunai berkala, anak akan diberi dana setiap bulan selama empat tahun.

Ada pula manfaat tambahan penarikan tunai berkala. Dana pendidikan tersebut akan dibelikan ketika Ulang Tahun Polis di mana Peserta sudah melewati masa tunggu manfaat dana pendidikan. Adapun untuk besarnya nominal yang diberikan, mengikuti ketentuan dari pengelola dengan pemberitahuan tertulis kepada pemegang polis.

Selain itu, terdapat tambahan manfaat akhir kepesertaan. Dana akan diberikan kepada pemegang polis jika Peserta Utama Yang Diasuransikan masih hidup pada tanggal akhir kepesertaan. besarnya akan ditentukan oleh Pengelola  dengan pemberitahuan tertulis kepada Pemegang Polis

  • Memberikan manfaat meninggal dunia

Jika Peserta Utama Yang Diasuransikan meninggal dunia, maka pengelola akan memberikan manfaat meninggal dunia yang terdiri atas santunan asuransi dan nilai tunai.

 

Pengelola akan memberikan santunan asuransi atas beban dana tabarru sebesar total kontribusi yang telah dibayarkan. Pengelola juga akan memberikan nilai tunai atas beban dana nilai tunai. Besaran nilai tunai ditentukan berdasarkan tanggal meninggal dunia dari Peserta Utama Yang Diasuransikan.

  • Memberikan manfaat bebas kontribusi 

Jika Peserta Tambahan yang Diasuransikan mengalami cacat total dan tetap selama minimal 180 hari atau meninggal dunia, maka pengelola akan memberikan manfaat bebas kontribusi. Artinya, pengelola akan membayarkan dari beban dana tabarru berupa sisa kontribusi yang belum dibayarkan. Ketika menerima manfaat ini, kepesertaan atas Peserta Tambahan Yang Diasuransikan menjadi berakhir.

 

Jika anda memilih PRUCerah Plus, maka manfaat bebas kontribusi akan diberikan ketika Peserta Tambahan Yang Diasuransikan mengalami salah satu dari tiga kondisi berikut, yaitu: 1) meninggal dunia, 2) cacat total dan tetap, dan 3) kondisi kritis. PRUCerah Plus menawarkan perlindungan rencana pendidikan anak yang lebih komprehensif karena menambahkan kondisi kritis. Maksudnya, apabila Peserta Tambahan Yang Diasuransikan terkena salah satu dari 60 kondisi kritis dan telah melewati masa tunggu 90 hari, maka pengelola akan membayarkan manfaat bebas kontribusi.

Sementara untuk pilihan masa pembayaran kontribusi, peserta bisa memilih sesuai dengan kebutuhan mereka serta sesuai dengan masa tunggu manfaat dana pendidikan yang dipilih, yaitu mulai dari 8 hingga 18 tahun.

Contoh ilustrasi jika orang tua mengalami kondisi kritis 

Pak Dito memiliki anak bernama Dian. Mereka membeli Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah Plus ketika Pak Dito berumur 30 tahun dan Dian berumur 3 tahun. Mereka memilih kontribusi sebesar Rp11.000.000 per tahun dengan masa pembayaran dan masa tunggu manfaat dana pendidikan selama 15 tahun.

 

A. Gambaran Manfaat

Pemegang polis membayarkan kontribusi selama 15 tahun. Setelah melewati masa tunggu manfaat dana pendidikan, Dian yang berusia 18 tahun akan menerima manfaat dana pendidikan dari pengelola berupa 1) manfaat penarikan tunai sekaligus, 2) manfaat penarikan tunai berkala bulanan sebanyak 36 kali dengan nominal dana pendidikan sesuai kesepakatan awal, 3) tambahan manfaat penarikan berkala tahunan (jika ada), 4) dan tambahan manfaat akhir kepesertaan (jika ada. Ketika Dian mencapai usia 22 tahun, maka polis berakhir.)

B. Jika Peserta Tambahan Yang Diasuransikan Meninggal Dunia / Cacat Total dan Tetap / Mengalami Kondisi Kritis (khusus PRUCerah Plus)

Jika Pak Dito meninggal dunia saat menjelang tahun ke-9 sejak polis berlaku, maka pengelola memberikan manfaat bebas kontribusi untuk polis di tahun 9 sampai dengan tahun 15 sesuai masa tunggu manfaat dana pendidikan yang dipilih.

Sehingga manfaat dana pendidikan akan tetap dibayarkan sesuai rencana. Gambaran manfaat dana pendidikan yang diterima oleh Dian saat berusia 18 tahun mengacu pada poin a yang telah dipaparkan di atas.

C. Jika Peserta Utama Yang Diasuransikan Meninggal Dunia

Jika Dian meninggal dunia selama periode polis aktif, maka pengelola akan memberikan santunan asuransi dan nilai yunai. Nilai tunai adalah sejumlah nilai yang dibayarkan dari Dana Nilai Tunai dalam hal kepesertaan pada PRUCerah Plus berakhir dengan mengikuti ketentuan dalam Polis. Kemudian, polis akan otomatis berakhir.

 

Itulah kira-kira contoh ilustrasi manfaat serta keistimewaan dari Asuransi Jiwa PRUCerah sebagai solusi untuk mahalnya biaya pendidikan di Indonesia. Hal ini tentu akan sangat membantu para orang tua dalam menyekolahkan anaknya hingga jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk detail selengkapnya mengenai asuransi syariah di Prudential Syariah, Anda bisa mengunjungi laman media sosial Instagram atau Facebook yang dimiliki Prudential Syariah.

Untuk informasi lain seputar asuransi syariah, kunjungi laman web Prudential Syariah. Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. Prudential Syariah adalah perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah terkemuka di Indonesia. PT Prudential Sharia Life Assurance amanah dalam mengelola dana peserta sesuai dengan prinsip syariah serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.