keluarga sedang berkumpul

Lebih Dekat dengan Asuransi Jiwa Syariah dan Manfaatnya untuk Perlindungan Keluarga

Setiap orang ingin memberikan perlindungan keluarga yang maksimal. Salah satu cara untuk melakukannya yaitu  menggunakan asuransi jiwa yang kini hadir dengan berbagai manfaat. Asuransi jiwa sendiri kian tahun kian berkembang, terlebih kini hadir pula asuransi jiwa syariah yang memiliki banyak peminat. 

Sebagaimana diketahui, asuransi jiwa syariah memiliki potensi tinggi di Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia. Berdasarkan data AASI pada Q3 tahun 2021 lalu, industri asuransi syariah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dengan peningkatan pada sektor asuransi jiwa syariah hingga 41,32% kontribusi bruto.

Oleh karena itu  tidak heran kalau saat ini asuransi jiwa syariah menjadi pilihan solusi perlindungan keluarga Indonesia. Nah, bagi Anda yang belum tahu apa itu asuransi jiwa syariah,  mari simak ulasannya sebagai berikut

Apa Itu Asuransi Jiwa Syariah?

Asuransi jiwa syariah adalah produk asuransi syariah dimana perusahaan akan memberikan santunan asuransi kepada ahli waris apabila Peserta Yang Diasuransikan atau Pendaftar asuransi meninggal dunia. Asuransi jiwa syariah juga menjadi wadah tolong-menolong bagi para Peserta untuk saling melindungi satu sama lain dengan menggunakan prinsip syariat Islam.

Dalam asuransi jiwa syariah, terdapat 5 nilai yang selalu dipegang, di antaranya adil, transparan, inklusif, penuh kasih, dan saling melindungi & saling tolong menolong. Berbeda dari asuransi jiwa konvensional, asuransi jiwa syariah menerapkan prinsip Islam sebagai panduan untuk melindungi setiap pesertanya  dalam bertransaksi.

Adapun beberapa perbedaan di antara keduanya yang mungkin bisa Anda pahami ialah sebagai berikut.

  1. Pertama, asuransi jiwa syariah memiliki pengawas yang bernama Dewan Pengawas Syariah

  2. Kedua, asuransi syariah berlandaskan pada tolong-menolong,

  3. Ketiga, pada asuransi syariah, para Peserta Yang Diasuransikan akan saling berbagi risiko, sedangkan pada asuransi konvensional, PesertaYang Diasuransikan memindahkan risiko tersebut kepada pihak pengelola asuransi. Kendati memiliki perbedaan, baik asuransi syariah maupun konvensional memiliki manfaatnya masing-masing.

Sekilas Soal Asuransi Jiwa Syariah, PRUCinta

Membahas soal asuransi jiwa syariah, Prudential Syariah menghadirkan produk asuransi jiwa syariah yang bisa menjadi solusi untuk Anda. Produk asuransi tersebut bernama PRUCinta, PRUCinta adalah produk asuransi jiwa berbasis syariah yang akan memberikan perlindungan keluarga selama 20 tahun terhadap berbagai risiko, termasuk risiko meninggal dunia karena kecelakaan.

 

Manfaat Asuransi PRUCinta untuk Perlindungan Keluarga

PRUCinta menerapkan pengelolaan dana yang menjalankan prinsip-prinsip syariah. Dalam pelaksanaannya, PRUCinta memiliki berbagai manfaat yang tentunya bisa menjadi pegangan bagi Peserta Yang Diasuransikan, di antaranya sebagai berikut.

1.   Manfaat Meninggal Dunia

Apabila Peserta Yang Diasuransikan meninggal dunia, nantinya 100% dari Santunan Asuransi atas beban Dana Tabarru’ dan Nilai Tunai atas beban Dana Nilai Tunai akan dibayarkan setelah pengajuan klaim disetujui oleh pengelola. Pengajuan klaim ini harus sesuai dengan polis yang berlaku.

2.   Manfaat Meninggal Dunia karena Kecelakaan

Jika Peserta Yang Diasuransikan meninggal dunia karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun, total 300% Santunan Asuransi atas beban Dana Tabarru’ dan Nilai Tunai atas beban Dana Nilai Tunai akan dibayarkan setelah pengajuan disetujui. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang sesuai dalam polis.

3.   Manfaat Jatuh Tempo

Untuk manfaat jatuh tempo, asuransi akan dibayarkan kepada Peserta Yang Diasuransikan masih hidup.  Manfaat diberikan dalam bentuk Nilai Tunai atas beban Dana Nilai Tunai yang jumlahnya sesuai dalam Tabel Nilai Tunai pada akhir tahun polis ke-20.

4.   Manfaat Mudik/Balik Lebaran

Jika Peserta Yang Diasuransikan meninggal dunia karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun, dan dalam periode enam minggu sejak 1 Ramadan, maka total 400% Santunan Asuransi dari Dana Tabarru’ dan Nilai Tunai atas beban Dana Nilai Tunai akan dibayarkan setelah pengajuan disetujui sesuai polis.

 

Demikian penjelasan mengenai apa itu asuransi jiwa syariah yang bisa menjadi perlindungan keluarga dari berbagai risiko tertentu. Mengingat manfaatnya yang begitu penting, segera lindungi diri dan keluarga dengan asuransi jiwa syariah seperti PRUCinta dari Prudential Syariah, klik di sini untuk informasi selengkapnya. Ketahui juga informasi lain seputar asuransi syariah dari Prudential Syariah dengan mengunjungi website, Instagram, dan Facebook dari Prudential Syariah, Mari Wujudkan Sesuai Hati!