Seorang pria tersenyum menatap keluar jendela

Ketahui Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan 5 Caranya

Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan RI, angka masalah gangguan kejiwaan yang dialami masyarakat Indonesia mencapai 20%. Artinya, ada 1 dari 5 penduduk Indonesia yang memiliki gangguan kejiwaan. Sayangnya, permasalahan ini masih belum dianggap serius oleh kebanyakan orang.

Padahal, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan tubuh. Sebab, jiwa yang sehat tentu bisa membuat seseorang menjadi lebih produktif. Bahkan, kesehatan mental juga bisa mempengaruhi kesehatan fisik loh. Kebanyakan dari  orang yang punya optimisme memiliki jantung yang lebih sehat dan bahkan dapat menurunkan laju perkembangan penyakit. Faktor-faktor lain, seperti kepuasan hidup dan kebahagiaan, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular terlepas dari faktor-faktor seperti usia seseorang, status sosial ekonomi, status merokok, atau berat badan. Jadi, sudah saatnya bagi Anda untuk mengetahui pentingnya menjaga kesehatan mental. Simak informasinya di bawah ini!

Apa pentingnya menjaga kesehatan mental?

Kesehatan mental adalah istilah yang menggambarkan kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Cara seseorang berpikir, merasa, dan bertindak sangat dipengaruhi oleh kesehatan mentalnya. Saat kesehatan mental terjaga, seseorang akan lebih mudah dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan.

Dalam setiap tahap kehidupan, kesehatan mental penting untuk terus dijaga, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Menjaga kesehatan mental sangat penting untuk menstabilkan perilaku, emosi, dan pikiran. Berikut beberapa manfaat pentingnya menjaga kesehatan mental:

  • Memperbaiki suasana hati

  • Mengurangi kecemasan

  • Merasa lebih damai

  • Berpikir lebih jernih

  • Meningkatkan hubungan, baik dengan diri sendiri maupun orang lain

  • Meningkatkan harga diri

Cara menjaga kesehatan mental

Kini, Anda telah mengetahui pentingnya menjaga kesehatan mental. Namun, bagaimana Anda bisa menjaga kesehatan mental Anda? Berikut beberapa cara untuk dilakukan:

1. Menghargai diri sendiri

Menghargai diri sendiri berarti menghargai kesejahteraan dan kebahagiaan Anda secara keseluruhan. Saat Anda menghargai diri sendiri, Anda memberikan dukungan tanpa syarat dan kepedulian terhadap diri sendiri.

Menghargai diri sendiri bisa dilakukan lewat kesediaan untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Kebutuhan ini bentuknya bisa sederhana, seperti makan meskipun sedang tidak ingin makan, mandi meskipun tidak ingin bangun dari tempat tidur, dan sebagainya.

Menghargai diri sendiri dianggap sebagai aspek penting dari menjaga kesehatan mental. Sebab, hal ini dikaitkan dengan peningkatan kebahagiaan dan kepuasan hidup yang lebih besar.

2. Kelola stres

Tidak semua stres itu buruk. Namun, stres jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, dan depresi. Dengan mengelola stres, kesehatan mental Anda akan lebih mungkin terjaga. Cobalah kelola stres dengan cara berolahraga setiap hari, menyisihkan waktu untuk diri sendiri, menjaga pola makan, tidur yang cukup, serta hindari alkohol dan obat-obatan.

3. Bersosialisasi

Cobalah untuk lebih banyak bersosialisasi, khususnya dengan orang-orang yang Anda percayai. Bersosialisasi dengan seseorang yang Anda percayai, baik itu teman, anggota keluarga, atau kolega, dapat membantu menjaga kesehatan mental. Anda mungkin merasa lebih baik jika dapat secara terbuka berbagi apa yang Anda alami dengan seseorang yang peduli dengan Anda.

4. Tetapkan tujuan yang realistis

Tujuan akan membantu Anda meningkatkan motivasi dan menciptakan perubahan yang Anda inginkan. Menetapkan tujuan yang realistis dapat membantu meningkatkan kesehatan dan hubungan dengan orang lain, termasuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Dalam menjaga kesehatan mental, ada beberapa tujuan realistis yang sebaiknya Anda terapkan, yaitu:

  • Melatih self-love (menghargai dan mencintai diri sendiri).

  • Jaga dan sayangi tubuh Anda (misalnya dengan rutin berolahraga dan makan sehat).

  • Luangkan waktu untuk menerapkan

  • Temukan cara baru untuk mengelola stres, kecemasan, atau depresi.

  • Dapatkan dukungan (dari teman dan keluarga atau dengan memulai terapi).

5. Jangan malu berkonsultasi dengan profesional

Stres, kecemasan, dan perasaan sedih adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, tapi jika emosi tersebut terus-menerus Anda rasakan, itu mungkin pertanda akan sesuatu yang lebih serius. Memiliki perasaan negatif adalah hal normal, jadi jangan malu berkonsultasi dengan profesional jika Anda merasa tidak dapat mengatasi stres yang Anda hadapi, tidak dapat mengendalikan emosi, atau depresi mengganggu kemampuan Anda untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian, dan ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental.

 

Kini, Anda sudah lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan mental dan cara-cara untuk melakukannya. Mulai sekarang, jika Anda ingin mengkonsultasikan masalah psikologis dan psikiatris, seperti depresi berat, insomnia, atau masalah mental lainnya, jangan ragu untuk mendatangi psikolog dan psikiater.

Salah satu produk Prudential Syariah, PSS Plus Pro Syariah, akan membantu memberikan perlindungan bagi Anda untuk berkonsultasi ke psikolog maupun psikiater. Dengan begitu, Anda bisa menjaga kesehatan mental tanpa perlu khawatir mengenai biaya yang memberatkan. Pastikan juga Anda follow Facebook dan Instagram Prudential Syariah agar tidak ketinggalan update terbaru seputar asuransi syariah. Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. PT Prudential Sharia Life Assurance berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.