lari malam

4 Bahaya Lari Malam Hari yang Harus Diwaspadai

Lari malam hari terkadang menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berolahraga pada waktu luang atau setelah pulang kerja. Namun, ada baiknya Anda mempertimbangkan bahaya lari malam hari yang mungkin terjadi.

Artikel ini akan mengulas lengkap tentang lari malam hari, termasuk bahaya dan tips aman yang perlu diterapkan. Yuk, simak artikel ini supaya Anda tetap merasa aman dan selamat meski berolahraga pada saat hari sudah gelap.

Pengertian Lari Malam hari

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai aktivitas lari malam hari yang kian populer belakangan ini. Pahami dahulu penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Lari Malam Hari?

Sesuai istilahnya, lari malam hari adalah aktivitas joging yang dilakukan pada waktu malam atau setelah matahari terbenam. Aktivitas ini biasanya dilakukan di tempat terbuka seperti jalanan, taman, atau lapangan olahraga.

Mengapa Lari Malam Hari Menjadi Populer?

Lari malam hari telah menjadi populer di kalangan pecinta olahraga karena beberapa alasan. Alasan utamanya terletak pada gaya hidup manusia yang sibuk bekerja pada pagi hingga sore hari dan hanya memiliki waktu berolahraga pada malam hari. Ada pula orang yang lari pada malam hari karena bisa menghindari keramaian di tempat-tempat umum pada siang hari.

Lari malam hari juga menjadi kenikmatan tersendiri bagi pecinta olahraga. Pasalnya, suhu udara yang lebih dingin pada malam hari dapat membuat tubuh merasa lebih nyaman saat berolahraga. Selain itu, Anda juga bisa melepaskan tekanan dan stres yang dirasakan sepanjang hari ketika lari malam hari. Anda pun akan merasa tenang sehingga bisa tidur dengan nyenyak selepas berolahraga.

Bahaya Lari Malam Hari

Aktivitas lari malam hari juga memiliki bahaya atau risiko yang perlu diwaspadai. Berikut adalah beberapa risiko yang harus diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk lari pada malam hari.

1. Tidak Aman

Masalah utama lari malam hari adalah keamanan. Ketika lari pada malam hari, jalanan biasanya sepi dan minim pencahayaan. Anda bisa tersesat dan kesulitan untuk mencari jalan pulang ketika berlari di rute yang tidak dikenal. Lebih parahnya lagi, ada pengemudi kendaraan yang mungkin akan sulit melihat Anda sehingga hal ini tentu berisiko untuk menimbulkan kecelakaan.

2. Risiko Menjadi Korban Kejahatan

Berlari pada malam hari juga meningkatkan risiko menjadi korban kejahatan di jalan seperti perampokan dan pencurian. Pastikan untuk memilih rute lari yang aman dan hindari berlari di tempat yang sepi.

3. Risiko Cedera

Bahaya lari malam hari lainnya adalah risiko cedera. Anda lebih mudah tersandung atau terjatuh karena minimnya pencahayaan pada jalanan. Ketika berlari di jalan yang tidak rata, Anda bisa terkena cedera pada pergelangan kaki, lutut, atau sendi lainnya. Tentu hal itu akan mengganggu Anda ketika beraktivitas pada keesokan harinya.

4. Cuaca Buruk

Cuaca buruk yang terjadi pada siang hari, bisa memengaruhi kondisi jalan dan dapat meningkatkan risiko cedera dan membuat pelari sulit untuk melihat rintangan dan bahaya di sekitar mereka. Suhu udara yang lebih rendah pada malam hari bisa membuat pelari lebih rentan terkena flu atau demam, apalagi jika kondisi cuacanya tidak mendukung.

Selain itu, lari malam hari saat cuaca tiba-tiba memburuk, juga dapat mengganggu penglihatan pelari. Kondisi seperti hujan dan kabut dapat menyebabkan pelari kesulitan untuk melihat dengan jelas jalan dan rintangan di sekitarnya. Hal ini tentu saja meningkatkan risiko terjatuh atau terkena cedera lainnya.

Tips Aman Lari Malam Hari

Lantas, bagaimana jika Anda tetap ingin lari malam hari karena tidak memungkinkan untuk berolahraga di pagi atau siang harinya? Cobalah menerapkan beberapa tips untuk menjaga keamanan Anda pada saat berlari malam hari di bawah ini.

1. Gunakan Pakaian Berwarna Terang

Tidak disarankan untuk menggunakan pakaian berwarna hitam atau gelap ketika Anda lari pada malam hari. Sebaliknya, gunakan pakaian terang agar pengemudi dan pejalan kaki lainnya bisa melihat dan menyadari keberadaan Anda dengan jelas. Langkah ini dapat membantu menghindari kecelakaan atau situasi yang tidak diinginkan. Pastikan pakaiannya terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat dan nyaman dipakai selama berlari.

2. Gunakan Penerangan

Selanjutnya, pastikan Anda menggunakan penerangan yang cukup saat berlari pada malam hari. Anda bisa memakai lampu kepala atau lampu penerangan lainnya agar bisa melihat jalan dengan jelas. Selain itu, langkah ini juga memungkinkan pengemudi dan pejalan kaki lainnya untuk melihat keberadaan Anda. Jangan lupa untuk memastikan lampu atau alat penerangan yang digunakan cukup terang dan baterainya lebih tahan lama.

3. Jangan Lari Sendirian

Lari sendirian pada malam hari bisa menjadi situasi yang berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus berlari bersama teman atau bergabung dengan kelompok lari lokal supaya ada yang menemani ketika lari. Langkah ini tidak hanya membuat Anda merasa lebih aman, tetapi juga dapat meningkatkan motivasi dan semangat selama berlari.

4. Gunakan Rute yang Aman

Terakhir, pastikan Anda menggunakan rute yang aman saat berlari pada malam hari. Pilih rute yang banyak dilalui oleh orang lain, memiliki penerangan yang cukup, dan kondisi jalanan yang rata dan baik. Hindari rute yang sepi dan gelap, dan jika memungkinkan, gunakan jalan setapak yang tidak dilewati kendaraan.

Setelah memahami bahaya lari malam hari di atas, penting juga untuk memastikan diri Anda memiliki perlindungan yang menyeluruh, terutama dalam hal kesehatan. Untuk mengantisipasi risiko dalam kesehatan, Anda dapat dapat mempertimbangkan asuransi kesehatan dari Prudential Syariah yang halal maupun sesuai dengan prinsip syariah.

Prudential Syariah juga sudah terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga Anda dapat mempercayakan seluruh layanan yang kami sediakan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Dengan asuransi kesehatan, Anda juga akan memperoleh ketenangan maupun dapat saling tolong-menolong antar peserta sehingga dapat membawa keberkahan dalam hidup. Jangan tunda lagi, hubungi kami dan wujudkan bentuk ikhtiar dalam menghadapi risiko kesehatan dengan memiliki asuransi kesehatan dan rawat jalan terbaik.