mengamati notes

Kenali 6 Jenis Produk Asuransi Syariah untuk Proteksi Anda

Adanya risiko masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh semua orang membuat asuransi menjadi salah satu produk yang patut dipertimbangkan untuk dimiliki. Dengan memiliki produk asuransi, berarti Anda memproteksi diri dengan memperkecil risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Berdasarkan sistem pengelolaannya, terdapat dua jenis asuransi di Indonesia, yakni asuransi konvensional dan asuransi syariah.

Perbedaan paling mencolok antara produk asuransi konvensional dan produk asuransi syariah terletak pada konsep pengelolaannya. Jika asuransi konvensional menggunakan konsep risk-transfer (risiko yang semula milik Peserta berubah menjadi tanggungan perusahaan asuransi), maka asuransi syariah menerapkan konsep risk-sharing, di mana setiap Peserta membayarkan uang kontribusi. Pihak perusahaan asuransi akan mengelola dana yang sudah terkumpul untuk kemudian disalurkan kepada peserta yang mengalami musibah dan membutuhkan uang.

Untuk lebih lengkapnya, yuk, ketahui penjelasan mengenai asuransi syariah berikut ini!

Apa itu Asuransi Syariah?

Asuransi syariah adalah jenis asuransi yang dijalankan berdasarkan prinsip syariah. Produk ini merupakan opsi asuransi terbaik bagi mayoritas orang Islam karena menjamin masa depan tanpa ada riba, maysir, gharar, dan transaksi yang bertentangan dengan syariat Islam. Asuransi syariah memang didasarkan pada nilai saling membantu sesama umat sehingga Peserta tidak perlu takut merasa dirugikan oleh pihak asuransi.

Cara kerja produk asuransi syariah sendiri menerapkan konsep akad yang terdiri dari dua jenis, yaitu akad tijarah (mudharabah) sebagai dasar perjanjian untuk tujuan komersial dan akad tabarru’ (hibah) yang digunakan sebagai dasar untuk tujuan kebajikan dan tolong-menolong.

Hak dan kewajiban peserta (Peserta) dan perusahaan (Pengelola) dijelaskan dalam masing-masing jenis akad. Di dalam akad juga berisi jenis akad beserta cara dan waktu pembayaran kontribusi. Nantinya, hal-hal yang terkait hak dan kewajiban ini akan disesuaikan dengan jenis asuransi syariah yang dipilih.

6 Jenis Produk Asuransi Syariah yang Bisa Dipilih

Dalam memilih produk asuransi syariah, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Berikut beberapa jenis produk asuransi syariah yang bisa Anda pilih untuk memberikan proteksi, yaitu:

  1. Kesehatan Asuransi
    kesehatan syariah merupakan jenis produk asuransi yang memberikan santunan atau penggantian jika Peserta yang diasuransikan mengalami sakit atau kecelakaan. Selain itu, terdapat pula produk yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit kritis.
  2. Jiwa
    Selanjutnya adalah asuransi jiwa syariah, yaitu produk asuransi syariah yang bisa memberikan perlindungan menyeluruh untuk Anda sekeluarga, sifatnya bisa dalam bentuk manfaat meninggal dunia dan kesehatan. Anda bisa menggunakan produk asuransi jiwa syariah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu, besaran kontribusi pun tidak akan melebihi batas kemampuan finansial Anda.
  3. Pendidikan
    Asuransi pendidikan syariah adalah produk asuransi syariah yang menyediakan dana pendidikan yang telah disepakati kepada penerima hibah (anak) sesuai dengan jenjang pendidikan. Jika Peserta meninggal dunia, ahli waris tetap akan memperoleh manfaat dana pendidikan tersebut.
  4. Kecelakaan diri
    Jenis asuransi syariah kecelakaan memberikan santunan akibat meninggal dunia, cacat tetap maupun cacat sementara, serta penggantian biaya pengobatan yang disebabkan kecelakaan. Jika memiliki asuransi kecelakaan diri, maka Anda bisa melindungi diri dari kerugian finansial yang dibutuhkan untuk pengobatan dan perawatan setelah kecelakaan.
  5. Penyakit kritis
    Asuransi syariah penyakit kritis hadir sebagai solusi kesehatan dengan memberikan perlindungan finansial terhadap risiko penyakit kritis. Dengan demikian, Anda dan keluarga bisa fokus terhadap proses penyembuhan agar kondisi semakin baik.
  6. Unit link
    Produk asuransi jiwa syariah ini dikaitkan dengan investasi. Jadi, selain mendapatkan manfaat perlindungan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat investasi. Selain untuk proteksi dan dana tabarru’, kontribusi yang dibayarkan oleh Peserta setiap bulannya akan dialokasikan juga untuk investasi pada instrumen investasi syariah. Dengan unit link, Anda sebagai Peserta tidak lagi dipusingkan untuk mengurus dana investasi dan dana perlindungan secara terpisah.

Itu tadi informasi mengenai beberapa jenis produk asuransi syariah untuk proteksi Anda. Apa pun jenis produk asuransi syariah yang Anda butuhkan, pilih produk asuransi dari Prudential Syariah karena menyediakan produk asuransi syariah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Yuk, klik di sini untuk mengetahui informasi lengkap mengenai asuransi syariah Prudential dan ikuti juga Facebook dan Instagram Prudential Syariah!