anak dan ibu

Mengapa Memilih Asuransi Syariah? Ketahui 3 Alasannya Berikut

Dalam dunia asuransi, terdapat pengembangan produk yang menggunakan prinsip syariah, yaitu asuransi syariah. Sayangnya, minat masyarakat Indonesia terhadap asuransi syariah masih tergolong rendah, padahal 86,7% penduduk Indonesia beragama Islam berdasarkan riset oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) melansir Katadata. Masih banyak orang yang menganggap bahwa asuransi bukan sesuatu yang diperlukan.

Padahal, seperti yang kita ketahui bersama, risiko tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Maka dari itu, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan membeli produk asuransi syariah sebagai ikhtiar untuk proteksi diri. Namun, sebelum itu, mari baca terlebih dahulu artikel ini untuk memahami alasan mengapa memilih asuransi syariah. Yuk, simak bersama!

3 Alasan Asuransi Syariah Masih Dianggap Tabu

Sebelum Anda memahami apa saja alasan mengapa memilih asuransi syariah, ada baiknya Anda juga memahami mengapa belum banyak orang Indonesia yang menggunakan produk ini. Berikut penjelasannya!

1.   Bukan merupakan kebutuhan primer

Alasan pertama mengapa belum banyak orang yang menggunakan produk ini adalah karena masyarakat menganggap asuransi bukan kebutuhan yang utama. Banyak orang yang berpikir bahwa asuransi tidaklah penting, padahal kita tak akan pernah tahu kapan kita tertimpa risiko.

2.   Masih rendahnya kepercayaan masyarakat

Alasan kedua orang tidak menggunakan asuransi syariah adalah karena rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap asuransi syariah yang adopsinya masih cenderung rendah. Meskipun pada Q3 2021 kontribusi bruto menunjukkan sinyal positif sebanyak 41,32%, melansir Bisnis. Hal ini juga didorong dengan masih banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan pemahaman yang cukup, yang umumnya diperoleh dari sosialisasi yang mendalam.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap asuransi dengan memberikan edukasi literasi finansial secara regular kepada masyarakat. Hal ini juga merupakan salah bentuk dukungan pada program pemerintah yang berupaya menggencarkan peningkatan literasi finansial khususnya asuransi syariah.

3.   Kurangnya pemahaman yang menyeluruh

Terakhir adalah kurangnya pengalaman yang menyeluruh terhadap produk asuransi. Banyak orang masih menganggap bahwa asuransi tidak sejalan dengan nilai-nilai keagamaan, padahal  produk asuransi syariah sudah disesuaikan dengan nilai-nilai Islam. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mau mencari tahu lebih dalam mengenai asuransi syariah ini.

Kehalalan Asuransi Syariah

Berbicara tentang produk asuransi syariah, banyak orang kemungkinan besar mempertanyakan aspek kehalalannya. Maka dari itu, belum banyak orang yang tertarik mempunyai asuransi syariah karena menganggap layanan ini belum sepenuhnya sesuai dengan hukum Islam. Padahal, asuransi syariah sudah dibentuk sesuai dengan nilai-nilai Islam yang berlaku. Berikut ini penjelasannya!

  • Alquran
    Produk asuransi syariah sudah dibentuk berdasarkan akad yang jelas. Mengutip buku Asuransi Perspektif Maqasid Asy-syariah (Ismanto, 2016), dalam Alquran setidaknya ada dua istilah yang menjelaskan suatu perjanjian, yaitu akad (al-’aqadu) yang berarti ikatan atau perjanjian dan ‘ahd (al-’ahdu) yang berarti masa, pesan, penyempurnaan, dan perjanjian. Dari sanalah akad dibentuk untuk mencapai kesepakatan tertentu.

    Tentunya, kesepakatan ini didasari oleh prinsip yang datang dari apa yang diajarkan melalui Alquran. Adapun akad dalam asuransi syariah adalah akad tabarru, akad tijarah, akad wakalah bil ujrah, akad mudharabah, dan akad mudharabah musytarakah.
  • DSN MUI
    Produk asuransi syariah juga dilindungi oleh DSN MUI atau Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Berdasarkan Fatwa No. 21/DSN-MUI/X/2001, tertuang pedoman umum asuransi syariah. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir tentang kehalalan asuransi syariah karena sudah mendapatkan pengakuan serta ada pedoman yang jelas mengenai produknya.
  • DPS
    Berikutnya adalah kehadiran Dewan Pengawas Syariah atau DPS yang bertugas untuk mengawasi segala bentuk pengelolaan yang dilakukan pengelola asuransi. Dengan kehadiran badan tersebut, maka dipastikan bahwa segala aktivitas yang berkaitan dengan asuransi syariah terjamin halal dan tidak bergeser dari prinsip syariah. Di Prudential Syariah, terdapat dua perwakilan DPS yang bertugas yaitu Ah. Azharuddin Lathif, M.AG.MH (Ketua) dan H. Ahmad Nuryadi Asmawi, LL B, MA (Anggota).

 

Kehadiran DPS dari DSN MUI serta fatwa-fatwa yang mendukung bisa memberikan jaminan bagi Anda bahwa produk asuransi syariah merupakan bentuk ikhtiar menghadapi risiko yang sesuai dengan nilai Islam.

3 Alasan Mengapa Harus Memilih Asuransi Syariah

Nah, setelah memahami poin-poin di atas, kini saatnya Anda mengetahui alasan mengapa memilih asuransi syariah berdasarkan tujuan dari asuransi syariah itu sendiri. Apa saja alasan tersebut?

1.   Mengantisipasi risiko di masa depan

Alasan pertama mengapa memilih asuransi syariah adalah untuk mengantisipasi risiko di masa mendatang. Kita tak pernah tahu ada risiko apa di kemudian hari, bisa dalam bentuk penyakit atau lainnya yang di luar kontrol manusia. Dengan memiliki asuransi berprinsip syariah, maka Anda bisa mengurangi risiko yang tidak terduga.

2.   Memberikan rasa perlindungan yang aman

Tujuan yang kedua adalah memberikan perlindungan. Tak berbeda jauh dari poin pertama, kita tak pernah tahu akan masa depan sehingga harus selalu siaga. Misalnya, jika Anda melakukan perjalanan jauh dan sudah memiliki asuransi syariah, maka Anda akan merasa lebih aman melakukan perjalanan. Jika terjadi sesuatu, keluarga Anda akan mendapatkan sejumlah dana untuk menanggung risiko.

3.   Mengumpulkan dana untuk membiayai kepentingan bersama

Terakhir adalah saling tolong-menolong untuk mengumpulkan dana. Akad dalam asuransi syariah mengatur bahwa asuransi merupakan suatu bentuk tolong-menolong untuk membiayai kepentingan bersama (risk sharing). Artinya, para peserta saling berkaitan antara satu dan yang lainnya. Dengan asuransi syariah, Anda juga bisa mempersiapkan dana warisan bagi keluarga yang mungkin akan ditinggalkan karena risiko.

 

Itulah beberapa alasan mengapa memilih asuransi syariah sebagai produk perlindungan bagi Anda. Jika Anda tertarik untuk lindungi diri produk asuransi syariah, gunakan asuransi dari Prudential Syariah karena tersedia beragam pilihan produk asuransi syariah yang bisa Anda pilih. Untuk informasi seputar asuransi syariah, kunjungi website Prudential Syariah dan ikuti Facebook serta Instagram Prudential Syariah!