ibu dan anak bermain laptop

Yuk, Mulai Belajar Ekonomi Syariah di Sharia Knowledge Centre!

Pada era saat ini, masih belum banyak platform untuk belajar ekonomi syariah. Namun, Anda tak perlu khawatir. Dalam rangka mengembangkan industri sekaligus memperkuat inklusi ekonomi syariah di Indonesia, Prudential Syariah menghadirkan platform bernama Sharia Knowledge Centre (SKC) yang diharapkan bisa membantu meningkatkan literasi seputar ekonomi Syariah di Indonesia.

Apa itu Sharia Knowledge Centre?

Sharia Knowledge Centre (SKC) merupakan bentuk kontribusi Prudential Syariah dalam mengembangkan ekonomi Syariah di Indonesia. SKC menyediakan platform bagi masyarakat Indonesia untuk memahami ekonomi syariah lebih baik dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk bergotong-royong mempercepat perkembangan ekonomi syariah melalui berbagai inovasi produk dan layanan.

SKC hadir karena platform informatif untuk belajar ekonomi syariah masih sangat minim jumlahnya di Indonesia. Alhasil, tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah masyarakat pun masih rendah. Melansir dari Bank Indonesia, indeks literasi keuangan syariah pada tahun 2021 baru mencapai 20,1%. Sering kali, masyarakat merasa kebingungan ketika harus mencari tahu informasi seputar ekonomi syariah, seperti mengenai regulasi atau fatwa.

Prudential Syariah berharap SKC dapat menjadi wadah kolaborasi bagi pemerintah, regulator, pakar ekonomi syariah, pemain industri syariah, dan tentunya penggiat ekonomi syariah untuk mengembangkan inovasi ekonomi syariah di tanah air. Dengan begitu, cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat perkembangan ekonomi syariah global pun dapat terwujud.

Belajar Ekonomi Syariah Melalui Sharia Knowledge Centre

Namun, sebenarnya, apa saja yang bisa didapatkan di Sharia Knowledge Centre? Sebagai sebuah platform kolaboratif untuk belajar ekonomi Syariah, Anda bisa menemukan berbagai konten informatif yang dapat diakses dengan mudah, di antaranya:

1. E-learning Syariah

Konten e-learning syariah berisi kumpulan modul, video, serta infografis mengenai ekonomi dan keuangan syariah. Konten edukasi ini terus diperbarui untuk mengikuti perkembangan ekonomi syariah, baik dari dalam maupun luar negeri. Selain belajar ekonomi syariah, Anda juga bisa belajar tentang asuransi syariah, fikih muamalah, serta investasi syariah.

2. Regulasi & Data

Anda sering kebingungan ketika berhadapan dengan suatu kasus yang masih berhubungan dengan ekonomi syariah dan  Anda belum memahami regulasi serta  fatwanya?Jangan khawatir karena SKC hadir sebagai solusinya.

Melalui konten Regulasi & Data, Anda bisa mempelajari tentang fatwa, regulasi, dan bahkan data lengkap terkait kinerja industri keuangan syariah.

Menariknya lagi, Anda bisa langsung melakukan pencarian mengenai topik yang ingin dipelajari, misalnya topik mengenai fintech atau investasi syariah. Cukup dengan mengetik kata kunci, maka topik yang relevan pun akan langsung muncul.

3. Penelitian & Pengembangan

Bagi Anda yang ingin mengkaji lebih jauh tentang ekonomi syariah, SKC menghadirkan konten Penelitian & Pengembangan. Melalui konten ini, Anda bisa mengakses penelitian, informasi seputar performa industri dan outlook, hingga diskusi terkait inovasi dan best practices ekonomi syariah.

Di samping itu, SKC juga menyediakan rincian lengkap mengenai roadmap ekonomi syariah Indonesia yang dihimpun dari berbagai instansi dan lembaga pemerintah seperti Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), KNEKS (Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah), hingga OJK (Otoritas Jasa Keuangan),  Sehingga anda dapat memperoleh gambaran arah pembangunan ekonomi syariah di Indonesia

4. Berita Syariah Terkini

Ketika belajar ekonomi syariah, penting untuk memantau perkembangan terbarunya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apa saja yang sedang terjadi dan mempelajari berbagai informasi bermanfaat. SKC menyediakan konten Berita Syariah Terkini yang berisi berita-berita terbaru seputar ekonomi syariah, mulai dari tanah air hingga mancanegara.

5. Bincang Syariah

Seperti yang telah disebutkan di atas, selain untuk memberikan edukasi terkait ekonomi syariah, tujuan diluncurkannya SKC adalah untuk mewadahi kolaborasi antar berbagai pihak terkait ekonomi dan keuangan syariah. Untuk itulah, SKC menghadirkan konten Bincang Syariah.

Bincang Syariah menjadi wadah diskusi dan interaksi untuk memahami dan meningkatkan perkembangan ekonomi Syariah. Masyarakat  bahkan dapat berinteraksi langsung dengan narasumber yang akan dihadirkan Prudential Syariah melalui event seperti seminar atau talkshow.

Selanjutnya, melalui SKC, Prudential Syariah berharap untuk bisa secara rutin menggelar event literasi keuangan dan ekonomi syariah bersama para pakar. Begitu juga dengan konten-konten edukatif yang akan terus diperkaya dan diperbarui sesuai dengan perkembangan ekonomi syariah.

Dengan hadirnya Sharia Knowledge Centre, masyarakat bisa dengan mudah mengakses berbagai konten edukatif seputar ekonomi syariah sekaligus berinteraksi dengan para pakar dan penggiat ekonomi syariah di tanah air. Bersama Sharia Knowledge Centre, belajar ekonomi syariah kini lebih mudah!

 

Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai asuransi syariah di Prudential Syariah atau dapat mengunjungi laman media sosial Instagram maupun Facebook dari Prudential Syariah.