pasangan sedang melihat informasi

Bagaimana Persiapan Menikah dalam Islam? Simak Selengkapnya di Sini!

Menikah merupakan salah satu anjuran Rasulullah SAW bagi umat Muslim, sebagai bentuk penyempurna agama. Menikah bertujuan untuk membina suatu rumah tangga yang tentram (sakinah), penuh cinta (mawaddah), serta penuh rahmat (warahmah).

Perintah menikah sendiri diatur langsung oleh Allah SWT di dalam Al-Qur'an Surat Ar-Rum Ayat 21. Namun, ada beberapa persiapan menikah dalam Islam yang wajib dijalani oleh umat Muslim. Persiapan ini dilakukan agar calon mempelai sudah benar-benar siap untuk memasuki dunia pernikahan.

Apa saja persiapan menikah dalam Islam yang harus dijalankan? Berikut ini penjelasan selengkapnya!

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah dalam Islam

Berikut adalah empat hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah dengan pasangan Kamu.

1. Persiapkan Niat yang Tulus dan Matang 

Menikah adalah ibadah yang agung dalam agama Islam. Sehingga, Kamu harus melakukannya dengan niat yang tulus serta mental yang sudah matang. Yakin lah bahwa pasangan Kamu akan menjadi teman sehidup semati. Persiapkan diri untuk bertanggung jawab dengan pilihan Kamu sampai akhir hayat nanti.

2. Restu dari Keluarga

Pernikahan tidak hanya melibatkan ikatan antara sepasang kekasih pria dan wanita, tetapi juga menghubungkan kedua keluarga, yaitu keluarga pria dan keluarga wanita. Karena pernikahan ini bertujuan untuk menyatukan kedua keluarga, restu dari keluarga, khususnya restu dari orang tua, menjadi lKamusan yang penting.

Mempersatukan kedua keluarga merupakan bagian dari budaya di Indonesia. Meskipun yang menikah hanya sepasang kekasih, tetapi karena budaya ini sudah menjadi tradisi yang terkandung dalam masyarakat, menyatukan kedua keluarga dianggap sebagai elemen penting dalam sebuah pernikahan.

Apabila mendapatkan restu dari keluarga, keluarga baru yang terbentuk setelah pernikahan akan mendapatkan perhatian dari kedua belah pihak karena keduanya sudah memberikan restu. Sebaliknya, jika tidak mendapatkan restu, hal ini dapat mengakibatkan kesulitan dalam hubungan keluarga di masa depan. Terutama pada saat ada acara besar keluarga, perasaan sungkan mungkin muncul jika pernikahan tidak mendapat restu dari keluarga.

3. Memperbaiki Akhlak dan Mengamalkan Sunnah

Menikah merupakan proses menyatukan hidupmu bersama pasanganmu. Untuk itu, kamu dapat mulai memperbaiki akhlak dan menjalankan beberapa ibadah sunnah dari sebelum menikah. Hal ini karena akhlak merupakan bentuk cerminan diri yang akan terlihat

Baca Juga : Perencanaan Keuangan Hari Tua: Langkah Bijak untuk Menjamin Kesejahteraan

4. Mengikuti Konseling Pranikah

Konseling pranikah dilakukan agar kamu dan calon pasangan memiliki gambaran tentang kehidupan pernikahan nanti. Hal ini dilakukan agar calon mempelai mampu hidup selaras dengan tuntutan dan petunjuk Allah SWT, sehingga dapat mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

5. Kesiapan Fisik, Mental, dan Finansial

Pastikan kamu dan calon pasangan sudah siap memenuhi tugas sebagai seorang istri dan suami. Kamu juga dapat memeriksakan kesehatan tubuh dan mental sebelum memutuskan untuk menikah.

Kesiapan finansial juga sangat penting bagi pasangan yang baru saja menikah. Kebutuhan sehari-hari yang semakin tinggi tentu membutuhkan kesiapan finansial yang cukup untuk menopang hidup.

Pasalnya, permasalahan finansial menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat perceraian. Angka perceraian di Indonesia bahkan menempati posisi tertinggi di Asia Afrika. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki finansial yang cukup untuk rumah tangga.

6. Mempersiapkan Mahar

Sebelum menikah, calon pengantin pria juga perlu menyiapkan mahar sebagai kewajiban yang harus dipenuhi ketika akan melamar seorang wanita. Dengan kata lain, pihak pria diharapkan memberikan mahar pada hari pernikahan sebagai tKamu keseriusan niat dan sebagai ekspresi kasih sayang calon suami terhadap calon istrinya. Islam tidak memberikan batasan khusus mengenai besaran mahar yang harus diberikan; semuanya tergantung pada penerimaan calon istri. Namun, para ulama berpendapat bahwa ketentuan minimum mengenai mahar seharusnya berupa sesuatu yang bermanfaat, baik itu berupa barang atau jasa.

Baca Juga : Bagaimana Manajemen Keuangan Rumah Tangga Menurut Islam? Simak Bersama, Yuk!

Tips Membangun Kesiapan Finansial Sebelum Menikah

Membangun kesiapan finansial dengan pasangan sebelum menikah merupakan hal yang sangat penting. Hal ini bisa menjadi dasar penting bagi Kamu saat nanti akan berumah tangga.

Mempersiapkan finansial sebelum menikah juga membuat Kamu bisa mengetahui prioritas, menghindari pertengkaran soal keuangan, memahami kondisi finansial masing-masing, hingga melihat kecocokan satu sama lain.

Berikut beberapa faktor finansial yang sebaiknya Kamu persiapkan sebelum menikah.

1. Membuat Perjanjian Pranikah

Di konsep pernikahan Indonesia membuat perjanjian pranikah memang belum umum. Bahkan, seringkali dianggap sebagai bentuk ketidakpercayaan dengan calon pasangan. Namun, perjanjian pranikah ini dapat melindungi kamu dan pasangan dari risiko finansial dalam pernikahan.

Pasalnya, jika sebelum acara pernikahan tidak ada perjanjian pranikah, risiko finansial seperti utang yang pasanganmu dapat selama masa pernikahan akan menjadi beban bersama. Dengan adanya perjanjian pranikah, segala risiko finansial akan ditanggung oleh pribadi masing-masing sehingga tidak akan memberatkan satu sama lain di kemudian hari.

2. Memahami Kondisi Keuangan Pribadi

Setiap orang pasti memiliki kondisi keuangan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Contohnya seperti calon suami yang memiliki kebutuhan rutin membiayai keluarganya. Sebaiknya, hal ini dibicarakan oleh calon pasangan sebelum menentukan untuk menikah.
Karena saat nanti sudah berkeluarga, kebutuhan rumah tangga adalah tanggung jawab bersama. Sehingga, diperlukan transparansi untuk segala beban finansial di luar budget untuk kebutuhan rumah tangga Kamu dan pasangan.

3. Memahami Ekspektasi Pribadi dan Pasangan

Salah satu faktor penting yang harus Kamu lakukan sebelum menikah adalah membahas urusan finansial dengan pasangan. Usahakan untuk saling terbuka mengenai pendapatan bulanan, rencana keuangan, serta beban keuangan masing-masing.
Hal ini penting agar Kamu dan calon pasangan mengetahui seberapa besar dapat berekspektasi satu sama lain. Jika tidak dibicarakan sejak awal, tentu bisa jadi terjadi miskomunikasi setelah menikah terhadap masalah ini.

Baca Juga : Perencanaan Keuangan Keluarga: Mengoptimalkan Manfaat Asuransi Prudential Syariah

4. Jalankan Rencana Keuangan dan Pantau Berkala

Penting untuk membuat rencana keuangan bersama untuk mengetahui konsep tentang bagaimana Kamu dan pasangan akan mengelola keuangan nantinya. Tidak hanya mengelola keuangan sesuai rencana di awal pernikahan, evaluasi juga diperlukan untuk mengetahui apakah rencana tersebut masih relevan dengan kondisi keuangan rumah tangga Kamu.

5. Pahami Tanggung Jawab Bersama

Keberhasilan keuangan dalam pernikahan melibatkan tanggung jawab bersama. Selain berkonsultasi dalam membuat keputusan keuangan besar, pasangan juga perlu bersama-sama menangani pembayaran tagihan, manajemen utang, dan pengelolaan investasi. Memahami tanggung jawab ini dapat menciptakan kerja sama yang seimbang dalam mengelola keuangan keluarga.

Itulah persiapan menikah dalam Islam yang wajib diketahui calon pengantin muslim. Finansial adalah salah satu dasar bagi rumah tangga, jadi lebih baik Kamu mendiskusikannya dengan pasangan sebelum menikah. Selain itu, Kamu juga dapat membuat proteksi lebih dengan bergabung bersama Prudential Syariah.

Melalui produk asuransi syariah PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah, Kamu tidak perlu khawatir jika salah satu dari Kamu sakit karena sudah terlindungi dengan jaminan asuransi. Apalagi, pengeluaran rumah tangga yang kadang tidak diduga-duga bisa menjadi beban bagi Kamu dan keluarga.

Jadi, segera gabung dengan Prudential Syariah untuk hidup yang lebih tenang. Kunjungi situs Prudential Syariah untuk informasi lebih lanjut dan nantikan info terbaru melalui Instagram Prudential Syariah! Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. Prudential Syariah adalah perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah terkemuka di Indonesia. PT Prudential Sharia Life Assurance amanah dalam mengelola dana peserta sesuai dengan prinsip syariah serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.