asuransi syariah di Indonesia

Produk Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia dari Prudential Syariah

Saat ini, penetrasi ekonomi syariah di Indonesia semakin meluas. Salah satu faktor penggerak utamanya adalah karena peningkatan pendapatan masyarakat muslim kelas menengah ke bawah di tanah air.

Salah satu bentuk dari perluasan ekonomi syariah adalah munculnya asuransi jiwa syariah. Sebagai negara dengan mayoritas muslim, asuransi jiwa syariah di Indonesia tentu mengalami perkembangan yang sangat pesat, khususnya untuk asuransi jiwa. Berdasarkan laporan OJK yang dikutip dari artikel pada situs Bisnis.com, pada tahun 2021 kemarin, industri asuransi jiwa syariah di Indonesia memiliki aset sampai Rp589,8 triliun.

Namun sebenarnya, apa itu asuransi jiwa syariah? Agar tidak salah kaprah, Anda bisa menyimak penjelasan dalam ulasan mengenai asuransi jiwa syariah berikut ini.

Pengertian Asuransi Jiwa Syariah 

Adapun pengertian asuransi jiwa syariah sendiri merupakan suatu upaya untuk saling tolong-menolong dan melindungi antar sesama peserta asuransi. Cara yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan dan mengelola dana tabarru’ untuk menghadapi berbagai risiko di masa depan. Asuransi jiwa syariah dilakukan dengan akad yang sejalan dengan prinsip syariah.

Ada prinsip tertentu yang dipakai dalam asuransi jiwa syariah, yaitu sharing of risk. Itu artinya, para peserta saling menanggung ketika salah satu peserta terkena risiko. Perusahaan asuransi jiwa syariah hanya bertindak sebagai pengelola operasional dari sejumlah dana yang diterima dari peserta. Selain itu, akad yang dipakai dalam asuransi jiwa syariah juga memakai prinsip tolong-menolong antar sesama peserta. Inilah yang kemudian membedakan asuransi jiwa syariah dengan asuransi konvensional.

Salah satu perusahaan asuransi jiwa syariah yang ada di Indonesia adalah Prudential Syariah yang menawarkan proteksi dengan manfaat beragam, menyesuaikan berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia.

Produk Asuransi Jiwa Syariah Unggulan Prudential Syariah 

Prudential Syariah memiliki lima produk asuransi unggulan, di antaranya adalah PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah, PRULink Syariah Generasi Baru, PRUCinta, PRUCerah, dan PRUSolusi Kondisi Kritis Syariah

PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah yang menyediakan solusi untuk kesehatan yang lengkap, fleksibel, dan tentu saja terjangkau. Memiliki layanan yang komprehensif mulai dari tahap pra rawat inap hingga pemulihan.

Selanjutnya ada PRULink Syariah Generasi Baru yang menyediakan proteksi untuk rasa aman sejak muda. Ada juga PRUCinta yang memberi perlindungan selama 20 tahun secara komprehensif terhadap risiko meninggal dunia dan kecelakaan.

Kemudian ada PRUCerah yang merupakan asuransi pendidikan untuk memastikan anak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Terakhir, yaitu PRUSolusi Kondisi Kritis Syariah yang tidak boleh dilewatkan adalah asuransi atas kondisi kritis tahap akhir sebagai persiapan keluarga.

Di antara 5 produk asuransi jiwa syariah unggulan di atas, mari mengenal lebih dalam lagi mengenai 2 solusi proteksi kesehatan yang ditawarkan oleh Prudential Syariah berikut ini:

1. PRUSolusi Kondisi Kritis Syariah (asuransi kondisi kritis syariah) 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, asuransi jiwa syariah PROSolusi Kondisi Kritis Syariah hadir sebagai langkah persiapan menghadapi kondisi kritis tahap akhir. Adapun beberapa keunggulannya adalah memberikan perlindungan komprehensif, perlindungan jangka panjang, santunan pemulihan, serta santunan meninggal dunia.

Usia masuk Peserta Yang Diasuransikan mulai dari 1-70 tahun (ulang tahun berikutnya) dengan minimum usia Pemegang Polis adalah 21 tahun. Adapun minimum kontribusi bulanan mulai dari Rp300.000.

2. PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah (asuransi kesehatan syariah) 

Selanjutnya ada PRUSolusi Sehat Plus Pro Syariah, solusi proteksi kesehatan yang lengkap, fleksibel, serta terjangkau. Program asuransi ini menyediakan layanan yang komprehensif mulai dari pra rawat inap sampai tahap pemulihan. Disebut fleksibel karena Anda bisa menentukan cakupan wilayah asuransi, pilihan kamar, serta batas harga sesuai dengan plan yang dipilih.

Anda dapat memiliki asuransi jiwa syariah ini dengan kontribusi bulanan mulai dari Rp220.000. Adapun batas usia minimum Pemegang Polis adalah 21 tahun. Pemegang Polis dapat mendaftarkan Peserta Yang Diasuransikan berusia 30 hari (usia sebenarnya) hingga 75 tahun (ulang tahun berikutnya) untuk mendapatkan perlindungan.

Demikian penjelasan mengenai asuransi jiwa syariah di Indonesia beserta contoh produk yang ditawarkan oleh Prudential Syariah. Apabila Anda tertarik untuk menjadi peserta asuransi dari Prudential Syariah, silakan kunjungi akun media sosial Instagram atau Facebook Prudential Syariah. Untuk informasi lain seputar asuransi jiwa syariah, kunjungi laman web Prudential Syariah. Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. Prudential Syariah adalah perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah terkemuka di Indonesia. PT Prudential Sharia Life Assurance amanah dalam mengelola dana peserta sesuai dengan prinsip syariah serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.