Penting! Ketahui Jenis Pengobatan Kanker yang Tepat Sebelum Berobat

Kanker menjadi salah satu penyakit dengan angka kematian tertinggi di dunia. Hingga tahun 2021, data WHO menunjukan ada sekitar 20 juta orang menderita kanker di seluruh dunia dengan tingkat kematian kurang lebih 50%.

Nyatanya, banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit kanker, seperti faktor keturunan, virus, hingga gaya hidup. Maka jika ditangani sedini mungkin dapat meningkatkan peluang untuk sembuh total. Ditambah lagi, pengobatan kanker kini sudah tersedia dan terus dikembangkan.

Lalu, bagaimana mencegah dan apa saja jenis pengobatan dari penyakit kanker? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini!

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kanker?

 

Menurut hasil penelitian kanker dari WHO, setidaknya terdapat sekitar 30-50% tipe penyakit kanker yang dapat dihindari. Hal tersebut dengan syarat, masyarakat harus menghindari beberapa hal yang dapat menjadi pemicu dari kanker tersebut.

Berikut adalah beberapa faktor pemicu yang dapat Anda hindari untuk mencegah penyakit kanker.

  • Tidak merokok.

  • Menjaga berat badan ideal.

  • Makan makanan yang sehat, termasuk buah dan sayuran.

  • Melakukan olahraga secara teratur.

  • Menghindari atau mengurangi konsumsi alkohol.

  • Mendapatkan vaksinasi HPV dan hepatitis B, jika Anda termasuk dalam kelompok yang direkomendasikan vaksinasi.

  • Menghindari paparan radiasi ultraviolet, terutama yang dihasilkan sinar matahari.

  • Rutin menggunakan tabir surya.

  • Memastikan penggunaan radiasi yang aman dan sesuai dengan prosedur perawatan kesehatan

  • Mengurangi paparan polusi udara, baik di luar maupun dalam ruangan.

 

Jenis Pengobatan Kanker

 

Kini, beberapa penyakit kanker sudah dapat disembuhkan total. Namun, ada banyak faktor yang memengaruhinya, seperti kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan kanker, waktu terdeteksinya penyakit, hingga pemilihan jenis pengobatan kanker yang tepat.

1.   Operasi

Operasi dapat menjadi salah satu cara mengobati kanker, tergantung jenis penyakitnya. Sebelum kanker menyebar luas dan menjadi semakin berbahaya, pembedahaan dapat dilakukan untuk mengangkat sel kanker dari tubuh Anda.

Jenis operasi pengobatan kanker pun beragam, mulai dari operasi dengan pisau bedah hingga operasi tanpa sayatan. Contohnya, operasi laser hingga operasi menggunakan nitrogen cair untuk membekukan jaringan.

2.   Imunoterapi

Imunoterapi adalah jenis pengobatan kanker yang fokus untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh penderita kanker untuk melawan penyakitnya sendiri. Terapi ini menggunakan metode penambahan sel imun buatan atau pun modifikasi sel imun penderita kanker untuk menambah kekebalan.

3.   Terapi Radiasi

Pengobatan kanker jenis ini menggunakan radiasi dosis tinggi untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor. Dosis radiasi yang tinggi bertujuan untuk merusak DNA dari sel kanker.

Saat DNA sel kanker rusak, sel akan berhenti membelah atau bahkan mati. Tubuh lalu akan membuang sel-sel yang rusak atau mati tersebut. Namun, terapi radiasi ini memerlukan waktu yang relatif lama sebelum DNA sel kanker benar-benar rusak dan mati. Sehingga pengobatan ini lebih disarankan untuk penderita kanker stadium awal.

4.   Kemoterapi

Pengobatan kanker jenis ini mungkin adalah yang paling umum didengar oleh masyarakat. Kemoterapi dilakukan dengan cara memberikan obat-obatan khusus pada pasien, yang bertujuan mencegah sel kanker menyebar, memperlambat pertumbuhannya, hingga membunuh sel kanker.

Obat kemoterapi tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari obat yang dikonsumsi lewat mulut, dioleskan ke kulit, atau diberikan langsung ke pembuluh darah. Dokter akan menentukan pengobatan kanker yang tepat sesuai kondisi pasien.

Lindungi Diri dan Keluarga dari Risiko Penyakit Kanker dengan Produk Asuransi di Prudential Syariah

 

Meski dapat sembuh secara total, tidak dapat dipungkiri jika pengobatan kanker memerlukan biaya yang tidak sedikit. Selain menabung untuk biaya kesehatan yang tidak terduga, opsi lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah memiliki asuransi kesehatan.

Prudential Syariah sebagai salah satu pengelola asuransi kesehatan berbasis syariah di Indonesia menghadirkan produk PRUSolusi Kondisi Kritis dapat memberikan manfaat bagi Anda dan keluarga dari berbagai macam risiko penyakit kritis, termasuk kanker.

Baca Juga: Kenalan dengan Perawatan Paliatif beserta Prosedurnya

Untuk informasi lebih lanjut mengenai asuransi syariah dari Prudential Syariah, silakan kunjungi laman web Prudential Syariah. Temukan informasi menarik lainnya seputar Prudential Syariah melalui media sosial resmi Prudential Syariah di Instagram dan YouTube. Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. Prudential Syariah adalah perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah terkemuka di Indonesia. PT Prudential Sharia Life Assurance amanah dalam mengelola dana peserta sesuai dengan prinsip syariah serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.