4 anak kecil memakai toga

Dana Pendidikan Semakin Meningkat, Persiapkan Segera untuk Buah Hati Anda

Pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk membangun generasi cerdas dan gemilang. Akan tetapi, biaya pendidikan dengan kualitas terbaik tak bisa dibilang murah. Sebagai orang tua, menyiapkan dana pendidikan anak dari jauh-jauh hari sangatlah penting untuk menghindari kendala ketika melakukan pendaftaran. Persiapan dana pendidikan secara matang juga akan berguna untuk mengantisipasi adanya inflasi yang menyebabkan kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya.

Melansir data BPS, pada Juni 2022 (pergantian tahun ajaran), Indeks Harga Konsumen (IHK) biaya pendidikan naik sebesar 1,68% menjadi 109,62. Pendidikan menengah & pendidikan tinggi naik sebesar 2,30%, pendidikan dasar & PAUD naik sebesar 1,60%, dan lainnya sebesar 1,77%.

Di Indonesia sendiri, melansir dari BPS penyesuaian biaya pendidikan memang bisa dibilang cukup tinggi dengan rata-rata kenaikan mencapai 10-20% per tahun. Hal ini tentu menjadi faktor penting bagi orang tua untuk mempersiapkan berbagai keperluan biaya pendidikan anak sejak jauh-jauh hari yang juga untuk mendukung kesuksesan anak di masa depan.

Menabung Saja Tidak Cukup

Sepuluh tahun lalu, mungkin biaya pendidikan dengan kualitas baik masih bisa dijangkau untuk banyak orang. Namun, saat ini dan beberapa tahun ke depan, mengikuti pergerakan harga barang yang terus naik, biaya pendidikan masuk sekolah juga akan terus melambung tinggi.

Dengan keadaan demikian, mempersiapkan biaya pendidikan anak hanya dengan mengandalkan tabungan tradisional dirasa tidak terlalu efektif. Mengingat kenaikan harganya yang lebih tinggi dibandingkan kenaikan gaji, Anda bisa keteteran jika, misalnya, tiba-tiba di-PHK perusahaan. Alih-alih sekadar menabung, Anda bisa melakukan proteksi risiko yang mungkin akan terjadi di masa depan dengan memiliki asuransi sebagai solusinya. Semua persiapan matang mungkin sudah Anda lakukan, namun kondisi darurat yang muncul secara tiba-tiba sering kali sulit untuk dihindari. Belum lagi jika terjadi kondisi parah seperti pandemi, terserang penyakit, dan berbagai risiko lain yang dapat mengancam stabilitas finansial Anda. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya, Anda perlu proteksi dari instrumen yang lebih aman seperti asuransi dana pendidikan.

Prudential Syariah memahami kebutuhan terkait dana pendidikan. Melalui produk PRUCerah, Prudential Syariah menyediakan asuransi dana pendidikan yang siap memproteksi biaya pendidikan anak hingga 18 tahun ke depan. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan biaya pendidikan dengan lebih tenang untuk masa depan anak Anda

Langkah-langkah Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Selain bergabung dengan asuransi dana pendidikan, Anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut ini agar bisa lebih siap untuk merencanakan biaya pendidikan anak.

1. Hitung Berapa Lama Lagi Anak Akan Masuk Sekolah di Setiap Jenjang

Dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak, Anda harus memperhatikan berapa lama lagi sang buah hati akan masuk sekolah. Perhitungan waktu yang tepat akan membuat persiapan dana lebih memadai ketika dibutuhkan. Jika anak masih usia dini, maka buatlah perkiraan waktu kapan anak akan masuk PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan juga perguruan tinggi.

Setelah Anda tahu berapa tahun lagi biaya pendidikan dibutuhkan, maka strategi menyiapkannya juga bisa disesuaikan. Anda jadi bisa memilih cara mengumpulkan uang dengan lebih tepat, entah itu melalui menabung di bank setiap bulan, melakukan investasi, maupun bergabung dengan asuransi dana pendidikan.

2. Tentukan Pilihan Sekolah dan Lakukan Survei Biaya yang Diperlukan

Memilih lokasi sekolah terbaik untuk anak memang cukup berat dan membingungkan. Saat ini, ada banyak sekali fasilitas yang bisa disediakan oleh sekolah di berbagai jenjang. Sebagai orang tua, Anda harus bisa cermat memperhatikan apa saja fasilitas yang tersedia di sekolah tujuan dan berapa biaya yang dibutuhkan.

Setiap sekolah biasanya memiliki sistem biaya pendidikan anak yang berbeda. Apalagi untuk sekolah dengan basis yayasan, biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal dibanding sekolah biasa pada umumnya. Jika sudah ada target sekolah yang dituju, maka Anda akan jauh lebih mudah untuk membuat perhitungan dan mulai menabung agar biaya sekolah bisa tercukupi ketika dibutuhkan.

Cara terbaik untuk mengetahui biaya pendidikan anak adalah dengan melakukan survei langsung ke tempatnya. Anda bisa berkunjung dan berkonsultasi dengan pihak sekolah untuk mengetahui secara rinci biaya apa saja yang dibutuhkan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menambahkan perhitungan inflasi yang dikeluarkan dari BPS kira-kira 10% per tahun saat menyiapkan target dana pendidikan untuk anak. Meskipun besarnya biaya pendidikan mungkin tidak akurat, setidaknya bisa memberikan cukup gambaran dalam mempersiapkan biaya pendidikan masuk sekolah.

3. Segera Pilih Instrumen untuk Menyiapkan Dana Pendidikan

Setelah mengetahui dengan rinci berapa lama lagi anak akan mulai bersekolah, sudah memutuskan sekolah mana yang akan menjadi tujuan, dan memiliki perkiraan biaya pendidikan yang diperlukan, Anda perlu segera memilih instrumen yang sesuai.

4. Tentukan Jumlah Dana yang Diperlukan

Hitung jumlah dana yang Anda butuhkan untuk setiap jenjang pendidikan anak. Ini melibatkan perkiraan biaya pendidikan tahunan, dikalikan dengan jumlah tahun hingga anak memasuki jenjang pendidikan tersebut. Ini akan membantu Anda menentukan target tabungan yang harus Anda capai.

5. Buat Rencana Anggaran

Buat rencana anggaran yang mencakup pengeluaran untuk pendidikan anak. Hal ini melibatkan alokasi dana bulanan atau tahunan khusus untuk menabung untuk biaya pendidikan. Pastikan anggaran ini sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

6. Disiplin dalam Menabung

Konsistensi dalam menabung adalah kunci untuk mencapai target dana pendidikan. Disiplin dalam menabung dan tidak mengalihkan dana keperluan lain akan membantu Anda untuk mencapai tujuan Anda.

7. Revisi Rencana Keuangan Secara Berkala

Periode persiapan biaya pendidikan anak bisa cukup lama. Oleh karena itu, perlu untuk merevisi rencana Anda secara berkala. Perbarui anggaran, target tabungan, dan instrumen keuangan jika ada perubahan dalam situasi keuangan atau perkembangan pendidikan anak.

Jika waktunya sudah mepet, mungkin menabung setiap bulan ke bank bisa menjadi solusi. Akan tetapi jika menabung pada waktu yang mepet, Anda senantiasa tidak akan mendapatkan keuntungan yang maksimal dan membutuhkan dana yang besar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak yang beragam. Maka dari itu, untuk jangka panjang, sebaiknya lakukan investasi atau bergabung dengan asuransi dana pendidikan syariah PRUCerah agar persiapan biaya pendidikan anak bisa lebih aman dan ikhtiar  dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Meningkatnya biaya pendidikan anak memang sulit untuk dihindari. Namun, dengan strategi yang tepat, Anda bisa mempersiapkan dana yang dibutuhkan agar pendidikan anak di masa depan lebih terjamin. Asuransi dana pendidikan PRUCerah dari Prudential Syariah dapat menjadi solusi tepat untuk menjawab kebutuhan tersebut. Klik di sini untuk info selengkapnya!

Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.