seorang sedang memegang uang

Kontribusi dalam Asuransi Jiwa Syariah: Apa yang Harus Diperhatikan?

Asuransi jiwa syariah dapat dijadikan sebagai salah satu hal yang mendasar dalam perencanaan keuangan syariah dan dapat bersifat jangka panjang. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih produk asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu pertimbangan penting dalam pemilihan produk asuransi adalah kontribusi dari asuransi jiwa syariah yang perlu dibayarkan secara rutin serta manfaat yang didapatkan oleh para pesertanya.

Istilah kontribusi mungkin masih terdengar asing bagi Anda. Pada artikel ini, kami akan mengupas tuntas tentang kontribusi. Simak sampai selesai sebelum memutuskan untuk memiliki produk asuransi syariah.

Kontribusi dalam Asuransi Syariah

Istilah kontribusi pada dasarnya merujuk pada segala bentuk partisipasi diberikan oleh seseorang atau organisasi tertentu. Kontribusi ini menciptakan dampak tertentu yang dapat dinilai dari segi sosial dan ekonomi. Namun, kontribusi yang dimaksud dalam asuransi syariah memiliki sedikit perbedaan makna dari kontribusi pada umumnya.

Definisi Kontribusi dalam Asuransi Syariah

Dalam asuransi konvensional, Anda mengenal istilah premi. Namun, istilah ini tidak berlaku dalam konteks asuransi syariah. Istilah premi dikenal dengan sebutan ‘kontribusi’ yang berarti sejumlah dana yang harus dibayarkan oleh peserta sesuai kesepakatan dalam akad atau perjanjian.

Kontribusi memiliki tujuan yang sama dalam asuransi konvensional, yakni memberikan akses perlindungan finansial terhadap risiko. Hanya saja, kontribusi asuransi syariah tidak sebatas pembayaran premi. Kontribusi juga merupakan hibah yang diberikan oleh peserta untuk saling menanggung risiko dengan peserta lainnya. Oleh karena itu, kontribusi ini perlu dibayarkan secara rutin sesuai ketentuan yang berlaku dan sebelum jatuh tempo.

Perusahaan asuransi syariah memiliki amanah untuk mengelola dana kontribusi tersebut supaya praktik asuransi syariah berjalan baik dan sesuai dengan prinsip syariah. Jatuh tempo pembayaran kontribusi juga harus diikuti tanggal yang tertera dalam Polis.

Perbedaan Kontribusi dalam Asuransi Syariah dan Konvensional

Kontribusi dalam asuransi syariah dan premi dalam asuransi konvensional memiliki dua konsep yang berbeda. Kontribusi dalam asuransi syariah merupakan dana yang dihibahkan oleh peserta untuk saling menanggung risiko dengan peserta lain. Sedangkan premi dalam asuransi konvensional adalah biaya yang harus dibayar oleh pemegang polis kepada perusahaan asuransi sebagai imbalan atas manfaat perlindungan yang diberikan.

Selain itu, kontribusi yang diberikan oleh peserta dalam asuransi syariah bertujuan lebih luas, yakni membantu masyarakat yang membutuhkan melalui mekanisme tabarru’ (sumbangan). Sementara itu, premi yang dibayar dalam asuransi konvensional hanya berguna untuk membiayai manajemen risiko dan memberikan keuntungan bagi perusahaan asuransi.

Perbedaan lainnya terletak pada pengelolaan dana kontribusi dan premi. Dalam asuransi syariah, dana kontribusi dikelola berdasarkan prinsip syariah yang melarang riba, maysir, dan gharar. Berbeda dengan asuransi konvensional yang dana preminya dikelola berdasarkan prinsip bisnis yang mengedepankan keuntungan perusahaan.

Cara Membayar Kontribusi dalam Asuransi Syariah

Wajib bagi seorang peserta asuransi syariah untuk membayar kontribusi secara rutin agar terus merasakan manfaatnya. Ada tiga pilihan pembayaran kontribusi yang bisa Anda coba, antara lain.

1. Pembayaran Tunai

Metode ini dilakukan dengan membayar langsung di kantor cabang atau melalui agen asuransi pada saat jatuh tempo kontribusi atau waktu yang sudah ditentukan. Anda akan langsung mendapatkan bukti pembayaran setelah melunasinya.

2. Pembayaran melalui Transfer Bank

Pilihan kedua, Anda bisa mentransfer jumlah kontribusi yang harus dibayarkan ke rekening bank yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi syariah. Anda harus menginformasikan nomor polis dan periode pembayaran ketika melakukan transfer. Anda akan menerima bukti pembayaran berupa kuitansi dari perusahaan asuransi setelah pembayaran kontribusi diterima.

3. Pembayaran secara Otomatis

Dalam metode ini, Anda cukup mengaktifkan fitur autodebet pada rekening bank yang hendak digunakan untuk membayar kontribusi secara rutin. Perlu diingat bahwa fitur ini menjadi bentuk izin Anda terhadap perusahaan asuransi syariah untuk melakukan pemotongan kontribusi secara otomatis dari rekening bank pada jatuh tempo kontribusi. Fitur ini lebih praktis karena Anda bisa membayar kontribusi tepat waktu dan terhindar dari risiko lupa bayar.

Faktor yang Memengaruhi Besaran Kontribusi Asuransi Syariah

Tidak semua peserta asuransi mendapatkan besaran kontribusi yang sama. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menentukan besaran kontribusi setiap peserta asuransi. Umumnya, jumlah kontribusi asuransi syariah ditentukan berdasarkan beberapa faktor berikut.

1. Umur Peserta

Umur peserta menjadi salah satu faktor utama yang memengaruhi besaran kontribusi. Makin tua usia peserta, makin tinggi pula besaran kontribusi yang harus dibayarkan. Alasannya, usia seseorang yang kian menua cenderung memiliki tingkat risiko penyakit yang lebih tinggi.

2. Jenis Kelamin

Jenis kelamin juga memengaruhi besaran kontribusi asuransi syariah. Pada umumnya, laki-laki akan dikenakan kontribusi yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Faktor ini dikarenakan laki-laki cenderung memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi serta lebih berisiko cedera dalam melakukan kegiatan fisik yang berbahaya.

3. Jenis Produk Asuransi Syariah

Pilihan jenis produk asuransi juga bisa memengaruhi besaran kontribusi. Produk asuransi syariah yang memiliki manfaat dan cakupan perlindungan yang lebih lengkap biasanya akan membutuhkan kontribusi yang lebih tinggi dibandingkan produk yang lebih sederhana.

4. Tingkat Risiko

Makin tinggi risiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi, maka makin tinggi pula besaran kontribusi yang harus dibayarkan. Contohnya, jika Anda memiliki pekerjaan yang berisiko tinggi, seperti petugas pemadam kebakaran atau pekerja di tambang, besaran kontribusinya akan lebih tinggi.

Keuntungan Kontribusi dalam Asuransi Syariah

Sistem kontribusi dalam asuransi syariah tentu membawa manfaat besar bagi diri sendiri serta masyarakat luas, yaitu:

1. Bermanfaat untuk Saling Tolong-Menolong antar sesama Peserta

Kontribusi dalam asuransi Syariah memiliki manfaat yang sangat besar, tidak hanya untuk membayarkan klaim maupun menghadapi risiko namun juga dapat digunakan untuk saling tolong-menolong antar sesama peserta. Kontribusi tabarru’ yang dikumpulkan akan digunakan untuk membantu peserta lain yang sedang mengalami risiko baik risiko kesehatan atau jiwa. Sebagai sesama manusia, kita harus saling tolong-menolong terhadap mereka yang sedang mengalami musibah dan terus menumbuhkan kebaikan kepada sesama.

 

2. Berinvestasi untuk Masa Depan

Kontribusi dalam asuransi syariah bisa dianggap sebagai investasi. Pasalnya, dana kontribusi akan dikelola oleh perusahaan asuransi untuk diinvestasikan pada instrumen yang halal dan menguntungkan. Anda akan memperoleh hasil investasi dalam bentuk bagi hasil atau nisbah bersama perusahaan asuransi.

 

3. Dapat Memenuhi Kebutuhan dari Sisi Finansial Saat Terjadi Risiko

Kontribusi juga dapat digunakan sebagai langkah antisipasi ketika keluarga atau Anda mengalami risiko di masa datang. Anda pun tidak perlu khawatir ketika terjadi risiko dan berdampak pada kebutuhan finansial karena sudah terdapat manfaat perlindungan dari asuransi syariah berupa santunan maupun manfaat kesehatan lainnya sesuai dengan yang tertera di dalam polis.

 

Risiko Kontribusi dalam Asuransi Syariah

Sama seperti instrumen keuangan lainnya, tentu ada risiko yang harus Anda ketahui terkait kontribusi asuransi syariah. Berikut deretan risikonya.

1. Keterlambatan Pembayaran Kontribusi

Apabila terlambat membayar kontribusi, Anda akan dikenakan denda atau bahkan kehilangan manfaat perlindungan asuransi syariah ketika terjadi risiko di kemudian hari. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan jatuh tempo pembayaran kontribusi dan membayarnya tepat waktu.

2. Hasil Investasi yang Fluktuatif

Investasi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi tidak selalu menguntungkan karena tergantung pada kondisi pasar yang fluktuatif. Apabila investasi mengalami kerugian, Anda juga akan merasakan dampaknya dan nilai polis pun menurun.

Baca juga artikel ini: Istilah Asuransi Syariah

Kiat Memilih Produk Asuransi Syariah dengan Kontribusi yang Sesuai

Apakah keputusan Anda sudah bulat setelah memahami pentingnya dana kontribusi dalam asuransi syariah? Tentu masih ada langkah lain yang perlu Anda terapkan dalam memilih produk asuransi syariah agar mendapatkan besaran kontribusi sesuai kebutuhan. Ikuti langkah di bawah ini supaya Anda bisa menemukan produk asuransi terbaik.

1. Mengetahui Kebutuhan Asuransi

Penting sekali untuk mengetahui kebutuhan asuransi Anda terlebih dahulu sebelum memilih produk yang tepat. Cara ini berguna agar produk asuransi yang dipilih bisa memberikan proteksi yang memadai dan sesuai kebutuhan Anda. Pertimbangkan jenis asuransi yang ingin Anda beli, seperti asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, dan pastikan polis tersebut memberikan manfaat yang dibutuhkan.

2. Mempertimbangkan Risiko yang Mungkin Terjadi

Sebagai calon pemegang polis, Anda perlu mempertimbangkan risiko yang mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, risiko sakit atau kecelakaan yang memerlukan biaya pengobatan, risiko kehilangan penghasilan karena tidak bisa bekerja, atau risiko meninggal dunia yang bisa mengganggu keuangan keluarga. Pastikan produk asuransi syariah yang dipilih bisa memberikan perlindungan finansial terhadap risiko tersebut.

3. Memperhatikan Kemampuan Membayar Kontribusi

Terakhir namun tidak kalah penting, Anda juga harus memperhatikan kemampuan membayar kontribusi. Selalu ingat bahwa Kontribusi asuransi syariah perlu dibayar secara rutin dan teratur sebelum jatuh tempo. Pertimbangkan penghasilan, pengeluaran, serta kondisi keuangan jangka panjang Anda. Pilihlah produk dengan kontribusi sesuai kemampuan pembayaran Anda agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran yang berdampak pada manfaat yang akan diterima.

Apabila Anda ingin memiliki asuransi jiwa syariah dan amanah dalam mengelola perlindungan setiap pesertanya, Prudential Syariah dapat menjadi salah satu pilihan buat Anda. Asuransi Prudential Syariah dapat memberikan akses perlindungan dan membantu mempersiapkan kelangsungan hidup keluarga apabila terjadi risiko di kemudian hari.

Cek beberapa cara pembayaran kontribusi asuransi syariah, agar Anda dapat merasakan kemudahan pembayarannya. Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai produk asuransi syariah yang sesuai kebutuhan!