Bugar Selama Berpuasa, Ikuti 4 Tips Ini Selama Bulan Ramadan!

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Selain persiapan dari segi ibadah, diperlukan persiapan lain dari segi kesehatan. Sebab, dengan tubuh yang sehat, tentunya ibadah pun akan lebih berjalan dengan lancar dan maksimal.

Namun nyatanya, masih banyak orang yang mengabaikan kesehatannya selama menjalani di bulan Ramadan. Padahal dengan adanya perubahan gaya hidup dalam ibadah puasa sebulan lamanya, tentu penyesuaian dalam tubuh juga sangat diperlukan.

Bagaimana caranya menjalankan puasa dan ibadah Ramadan agar tubuh tetap bugar? Simak beberapa alasan penting menjaga kesehatan dan tips sehat di bulan Ramadan berikut ini.

Pentingnya Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan

Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya menjaga kesehatan selama bulan Ramadan.

1.   Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Risiko dehidrasi adalah salah satu tantangan yang Anda hadapi saat berpuasa. Dengan mencukupi konsumsi air mineral saat puasa, maka Anda dapat terhindar dari risiko dehidrasi yang dapat mengakibatkan rasa haus yang kuat, kehilangan konsentrasi, gemetar berlebihan, mengantuk, muntah, bahkan ketidakstabilan emosi.

Menurut para ahli, setidaknya rata-rata tubuh orang dewasa perlu asupan air mineral sebanyak dua liter yang setara dengan delapan gelas. Maka, pastikan Anda cukup minum air saat sahur dan berbuka untuk memastikan kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi dengan baik.

2.   Menjaga Kebugaran Tubuh

Salah satu manfaat yang dapat Anda rasakan dalam menjaga kesehatan selama berpuasa adalah terjaganya kebugaran tubuh. Tubuh yang bugar dapat membantu puasa Anda menjadi lancar.

Menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa dapat dilakukan dengan memperbanyak asupan bergizi selama sahur. Selain itu, Anda juga dapat mengatur pola aktivitas tertentu agar tubuh dapat tetap segar hingga waktu berbuka.

Salah satunya adalah dengan mendahulukan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi tinggi di pagi hari saat Anda masih segar. Selain itu, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat di siang hari agar tubuh Anda selalu bugar selama berpuasa.

3.   Menjalankan Aktivitas Sehari-hari

Tubuh yang lemas dan kurang sehat akibat puasa tentu akan menyulitkan Anda untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Akibatnya, pekerjaan Anda akan menjadi terhambat dan dapat menumpuk.

Menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa dapat membuat Anda beraktivitas seperti biasa. Dengan begitu, pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan Anda tidak perlu kesusahan untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk di kemudian hari.

4.   Ibadah Menjadi Lebih Maksimal

Menjalankan ibadah dengan maksimal dan menjadi produktif selama bulan Ramadan impian setiap muslim. Namun, bagaimana Anda menjalankan berbagai rangkaian ibadah selama Ramadan jika tubuh Anda tidak dalam keadaan yang bugar?

Hindari untuk kembali tidur setelah waktu sahur untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, bangun lebih awal juga bisa memberikan kesempatan untuk Anda melakukan berbagai ibadah yang lebih maksimal dibanding sebelumnya.

Cara Menjaga Kesehatan agar Puasa di Bulan Ramadan Lancar dan Aman

 

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk rebahan sepanjang hari. Simak beberapa tips sehat di bulan Ramadan berikut ini agar ibadah puasa Anda dapat berjalan lancar.

1.    Menjaga Asupan Gizi dan Nutrisi

Asupan kalori tubuh umumnya berkurang selama puasa. Hal ini bisa menyebabkan otot-otot dalam tubuh Anda menyusut. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan berprotein tinggi selama berpuasa. Sebab mengkonsumsi makanan berprotein tinggi bisa meminimalisir otot yang menyusut.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan alami selama berpuasa. Hal tersebut dianggap bisa mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan berbagai macam penyakit kronis lainnya. Makanan alami yang dimaksud adalah makanan yang tidak diproses, seperti buah-buahan, sayur-mayur, serta daging sapi atau ayam yang tidak terkontaminasi proses berlebihan.

Anda juga disarankan untuk makan makanan berkarbohidrat tinggi untuk mengatasi lemas saat puasa, seperti nasi, atau kentang. Begitu pula dengan makanan berprotein tinggi, misalnya daging atau kacang-kacangan.

2.   Tetap Aktif Berolahraga

Walau sedang berpuasa, menjaga tubuh agar tetap bugar merupakan hal yang penting. Namun, pilihlah jenis olahraga yang ringan saja seperti jalan kaki, yoga, atau sekadar melakukan pekerjaan rumah.

Selain itu pilih lah waktu olahraga yang tepat, seperti di sore hari, sehingga Anda tidak merasa haus dan kelelahan akibat olahraga saat puasa. Anda juga tidak dianjurkan utnuk berolahraga di hari-hari pertama puasa karena tubuh masih butuh penyesuaian.

3.   Tidur Cukup

Lengkapi puasa sehat dengan mencukup waktu tidur Anda. Salah satu alasannya karena sistem imun dapat bekerja dengan baik ketika cukup tidur.

Kurang tidur juga bisa mempengaruhi emosi, suasana hati, serta konsentrasi seseorang. Pastinya, Anda butuh suasana hati dan konsentrasi yang baik dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Kualitas tidur yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi, cara berpikir, produktivitas, dan performa fisik. Maka dari itu, pastikan Anda dan keluarga cukup tidur selama puasa agar lebih siap menjalankan kegiatan pada keesokan harinya.

 

Nah itu dia penjelasan mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan tips sehat di bulan Ramadan. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga semangat agar tubuh tetap bugar.

Kondisi kesehatan tiap orang di bulan Ramadan tentu berbeda satu dengan yang lain. Untuk itu Anda bisa selalu memantau kesehatan dengan aplikasi khusus Pulse by Prudential. Dengan aplikasi ini semua informasi kesehatan bisa Anda ketahui dalam satu genggaman.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kepesertaan program, silahkan kunjungi akun Instagram atau Facebook Prudential Syariah atau kunjungi laman web Prudential Syariah. Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. Prudential Syariah adalah perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah terkemuka di Indonesia. PT Prudential Sharia Life Assurance amanah dalam mengelola dana peserta sesuai dengan prinsip syariah serta  berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Temukan juga informasi lain seputar kesehatan dan asuransi dari Prudential Syariah. Anda juga bisa mencari tahu lebih dalam mengenai Prudential Syariah melalui media sosial Instagram dan YouTube resmi Prudential Syariah.