Financial Freedom

Apa Itu Financial Freedom dan Bagaimana Cara Mencapainya?

Semua orang pasti menginginkan kebebasan finansial atau yang saat ini populer dengan istilah ‘financial freedom’. Dengan mencapai financial freedom, harapannya kita bisa menikmati kehidupan dengan lebih kaya makna tanpa khawatir akan keadaan finansial.

Namun, financial freedom tidak datang begitu saja, melainkan harus diraih dan dicapai dengan sangat gigih. Lantas, apa yang harus Anda lakukan agar bisa mencapai financial freedom? Mungkinkan hal tersebut diwujudkan pada usia muda? Mari temukan jawabannya dalam ulasan di bawah ini!

Apa itu Financial Freedom? 

Financial freedom atau kebebasan finansial adalah keadaan ketika seorang individu telah mencapai kemapanan dalam kondisi keuangannya. Ketika individu tersebut sudah bisa mencapai kebebasan finansial, kekhawatiran dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan berkurang. Ia tidak akan kekurangan uang untuk membeli apa pun yang dibutuhkan, bahkan yang diinginkan.

Pada intinya, kebebasan finansial telah terwujud ketika seorang individu mempunyai uang yang cukup untuk hidup, memiliki tabungan, dana darurat, serta tidak memiliki utang kepada orang lain. Jika sudah ada di titik ini, seorang individu bisa dengan mudah melakukan apa pun yang diinginkan tanpa perlu mempertimbangkan kondisi finansial.

3 Manfaat Utama dari Financial Freedom 

Tentu saja ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika telah mencapai financial freedom. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya, yaitu:

1. Memiliki stabilitas finansial 

Pertama, mencapai financial freedom artinya seseorang memiliki kondisi keuangan yang stabil. Ia tidak menghadapi kekurangan dalam memenuhi kebutuhan maupun keinginan. Kondisi keuangan bukanlah sesuatu yang menjadi masalah baginya.

2. Tidak cemas memikirkan kondisi finansial 

Selanjutnya, keuntungan lain dari orang yang sudah mencapai financial freedom adalah tidak akan merasa cemas terhadap kondisi keuangan. Semua kebutuhan sudah terpenuhi dengan baik, bahkan keinginan pun bisa dicapai. Dalam mengambil keputusan hidup, kondisi keuangan tidak lagi jadi pertimbangan utama.

3. Independen dalam hal keuangan 

Terakhir, manfaat dari mencapai financial freedom adalah bisa mandiri atau independen dalam keuangan. Karena segala kebutuhan telah tercukupi dengan baik, seseorang yang telah mencapai financial freedom tidak perlu bantuan dari pihak lain untuk memenuhi keuangannya.

Contoh yang paling simpel adalah ketika seseorang sudah memiliki penghasilan tetap sendiri, dana darurat dalam jumlah cukup, hingga aset investasi yang memberikan passive income untuk memenuhi kebutuhan hidup, bisa dibilang orang itu telah mencapai financial freedom.

4 Cara Mencapai Financial Freedom 

Setelah mengetahui manfaat dari financial freedom, tentu Anda ingin merasakannya juga, bukan? Kabar baiknya, ada banyak cara mencapai financial freedom, apalagi saat ini banyak sekali pekerjaan yang memungkinkan Anda untuk menerima pendapatan besar.

Meski begitu, sebenarnya pendapatan yang besar juga belum tentu menjamin financial freedom. Hal tersebut kembali lagi pada diri masing-masing. Berikut ini beberapa cara mencapai financial freedom yang bisa Anda lakukan, yakni:

1. Memahami kondisi finansial pribadi 

Sebagai langkah awal, Anda perlu mengenali keadaan finansial sendiri. Coba analisis kembali bagaimana pengeluaran Anda selama ini? Jika misalnya masih lebih besar daripada pemasukan, coba hitung kembali dan lakukan pemangkasan.

Apabila memang tidak bisa dipangkas, tandanya Anda perlu memperbesar pemasukan, misalnya dengan melakukan side job sebagai freelancer di luar pekerjaan utama. Dengan upaya yang gigih seperti ini, mencapai ​​financial freedom di usia muda pun tidak mustahil diwujudkan.

2. Melunasi utang 

Poin satu ini sangat penting. Untuk mencapai apa itu financial freedom, Anda harus terbebas dari utang. Jadi, jika saat ini Anda masih memiliki utang, baik dalam bentuk cicilan maupun utang kepada orang lain, sebaiknya fokuslah untuk melunasinya terlebih dahulu. Setelah itu, baru prioritaskan untuk menabung dan mengumpulkan dana darurat.

3. Menabung dan investasi 

Hal yang tak kalah penting untuk mencapai financial freedom tentu adalah dengan menabung dan melakukan investasi. Alokasikan keuangan sebaik mungkin untuk hal ini. Pasalnya, tabungan dan dana darurat ini bisa menjadi pegangan agar hidup Anda senantiasa aman, terutama jika terjadi hal-hal tidak terduga, seperti jatuh sakit, kecelakaan, atau risiko lain.

4. Memulai gaya hidup sederhana 

Terakhir, Anda juga bisa mencapai financial freedom dengan menerapkan gaya hidup sederhana. Sesuaikanlah gaya hidup dengan keadaan finansial Anda. Cobalah atur biaya-biaya kebutuhan primer terlebih dahulu sebelum keinginan lain.

Misalnya, bagi Anda yang telah berkeluarga dan memiliki anak, pastikan kebutuhan anak sudah lebih dulu dipenuhi, termasuk kebutuhan pendidikannya. Anda bisa melakukan hal ini dengan mempersiapkan asuransi pendidikan yang memberikan banyak manfaat, seperti PRUCerah dari Prudential Syariah.

 

Lewat banyak cara, termasuk dengan memberikan proteksi terhadap biaya pendidikan anak, Anda kini sudah mengetahui apa itu financial freedom dan berbagai cara untuk mencapainya. Walau terdengar menantang, financial freedom sama sekali tidak mustahil diwujudkan selama Anda gigih dan konsisten melakukan upaya-upaya di atas.

Namun, perlu diingat bahwa cara mencapai financial freedom juga mencakup pemenuhan kebutuhan anggota keluarga, termasuk anak dan pendidikannya. Untuk kebutuhan satu ini, serahkan kepada asuransi pendidikan syariah PRUCerah, yang menyediakan manfaat dana pendidikan anak dalam bentuk penarikan tunai berkala secara bulanan maupun sekaligus.

Untuk informasi lain seputar asuransi syariah, kunjungi laman web Prudential Syariah. Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. Prudential Syariah adalah perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah terkemuka di Indonesia. PT Prudential Sharia Life Assurance amanah dalam mengelola dana peserta sesuai dengan prinsip syariah serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.