wanita sedang berjabat tangan

Pahami Konsep Asuransi Syariah dan 5 Nilai Syariah Prudential Syariah

Dalam praktik keuangan, sering terdengar istilah 'syariah'. Istilah tersebut tidak hanya digunakan dalam perbankan, melainkan juga untuk produk asuransi, termasuk asuransi yang disertai dengan manfaat investasi. Memangnya, bagaimana konsep asuransi syariah dan apa bedanya dari asuransi konvensional?

Sebelum mengetahui jawabannya, ketahui dahulu bahwa perkembangan asuransi syariah telah meluas, baik secara global maupun di Indonesia. Salah satu perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi dengan konsep syariah adalah Prudential Syariah.  Perusahaan yang baru saja menjadi entitas bisnis terpisah dari Prudential Indonesia ini memiliki 5 nilai syariah yang senantiasa diterapkan dalam menjalankan bisnisnya serta produk-produk yang disediakan untuk peserta asuransi. Apa saja nilai-nilai tersebut? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini!

Apa yang dimaksud dengan syariah?

Syariah adalah kata yang sudah digunakan sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Kata ini sebenarnya memiliki banyak arti, tergantung pada sudut pandangnya. Akan tetapi, syariah dalam praktik keuangan biasanya merujuk pada hukum dasar yang mengatur hubungan manusia dengan pencipta maupun sesamanya.

Karena dikatakan sebagai hukum dasar, syariah ini memiliki maksud dan tujuan yang baik, yakni agar umat manusia tidak tersesat dan mengarah ke jalan yang tidak benar selama hidup di dunia. Tentu saja, aturan-aturan yang ditetapkan harus sejalan dengan hukum Islam dan bersumber dari Alquran, hadis, qiyas, dan ijma.

Konsep syariah juga digunakan dalam ranah asuransi. Salah satu pengelola asuransi yang memiliki produk asuransi berbasis syariah yakni adalah Prudential Syariah (PT Prudential Sharia Life Assurance). Ada beberapa produk asuransi syariah yang ditawarkan oleh Prudential Syariah, mulai dari perlindungan kesehatan, jiwa, penyakit kritis, dan lainnya.

5 Nilai Syariah untuk Semua oleh Prudential Syariah

Prudential Syariah merupakan unit asuransi hasil pemisahan dari Prudential Indonesia. Oleh karena itu, ada nilai-nilai berbeda yang dimiliki oleh asuransi berbasis syariah ini. Ada lima nilai yang dijunjung, yaitu adil, transparan, inklusif, penuh kasih, serta saling melindungi dan saling tolong menolong. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Adil

Adil yang dimaksud di sini saling menanggung dan berbagi risiko antar Peserta Asuransi. Tak hanya itu, Prudential Syariah juga tidak akan mengambil keuntungan dari kerugian yang dialami Peserta Asuransi dan menilai risiko tersebut seadil mungkin.

2. Transparan

Kedua ada nilai transparansi. Artinya, Prudential Syariah sangat terbuka dengan proses pengelolaan dana Peserta Asuransi dan penyaluran klaim, termasuk jumlah peserta yang mendapat santunan serta total biaya yang diberikan kepadanya. Hal ini membuat Prudential Syariah menjadi pengelola asuransi yang semakin dipercaya para Peserta Asuransi.

3. Inklusif

Sesuai dengan konsep asuransi syariah yang dijalankan oleh Prudential Syariah, yakni “Syariah untuk Semua”, produk asuransi yang ditawarkan pun tersedia mulai dari nilai sangat kecil, yakni Rp8.000 saja per bulannya. Ini tentu membuat asuransi Prudential Syariah menjadi produk yang bisa dimiliki oleh berbagai kalangan. Selain itu, nilai asuransi syariah yg mendorong tolong menolong sesuai prinsip gotong royong plus nilai keadilan dan transparansi yang peserta asuransi cari dari suatu produk, yang mana tidak eksklusif untuk umat Muslim saja.

4. Penuh kasih

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asuransi syariah milik Prudential Syariah diciptakan untuk saling tolong-menolong antar-peserta. Oleh karena itu, kontribusi dari para peserta juga bisa digunakan sebagai bantuan bagi peserta lain yang membutuhkan. Selain itu, Prudential Syariah juga tidak menetapkan akad jual-beli, melainkan akad hibah.

5. Saling Melindungi dan Saling Tolong Menolong

Nilai terakhir dari Prudential Syariah yang menjadi konsep asuransi syariah adalah saling melindungi dan saling tolong menolong. Maksudnya adalah semua orang yang terlibat dalam asuransi ini harus bisa untuk saling melindungi, tolong-menolong, dan menanggung beban satu sama lain sesuai dengan prinsip syariah, yakni ta’min, takaful, dan tadhamun.

 

Dengan lima nilai syariah yang terdapat di Prudential Syariah, maka asuransi syariah tidak hanya memberikan perlindungan namun mengajak peserta yang tergabung di dalamnya untuk berkontribusi saling tolong menolong antar sesama. Anda dapat mempertimbangkan nilai-nilai tersebut saat memilih asuransi yang tepat untuk diri sendiri maupun keluarga.

Selain itu, ada beragam pilihan produk asuransi pokok yang bisa dikaitkan dengan rider untuk manfaat yang lebih maksimal. Kunjungi link ini untuk informasi selengkapnya mengenai Prudential Syariah dan ikuti juga Facebook dan Instagram-nya!