Wajib Simak, Ini Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak!

Setiap orang tua tentu ingin buah hatinya tumbuh menjadi anak yang cerdas, baik dalam pendidikan formal maupun informal. Oleh karena itu, hendaknya para orang tua mulai menyiapkan dana pendidikan sedini mungkin untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan tidak terduga yang bisa berdampak pada keberlangsungan pendidikan sang buah hati.

Tidak hanya sekadar dipersiapkan, dana pendidikan wajib dihitung dengan tepat, mengingat biaya pendidikan yang kian mahal. Dengan menghitung biaya pendidikan anak secara tepat, Anda telah menyiapkan fasilitas pendidikan terbaik untuk anak dan menghindari kerugian yang tidak diinginkan.

Lalu, apa saja yang menjadi faktor penting dalam mempersiapkan pendidikan anak?

3 Faktor Penting dalam Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

 

Dalam urusan dana pendidikan anak, ini adalah sejumlah hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk mulai mempersiapkan dana tersebut sedini mungkin.

1. Sebagai Persiapan Fasilitas Pendidikan Terbaik

Dengan mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini, Anda sudah turut mempersiapkan fasilitas pendidikan yang terbaik untuk anak Anda. Pasalnya dalam mempersiapkan dana tersebut, Anda perlu mempelajari jenjang pendidikan dan sekolah tujuan yang sesuai untuk anak Anda.

2. Menghindari Biaya yang Tidak Diinginkan

Dengan menghitung secara rinci biaya pendidikan sejak awal, tentu akan membuat Anda dapat mengantisipasi biaya-biaya yang sebelumnya tidak diketahui. Hal ini juga akan mengurangi risiko bengkaknya biaya tak terduga.

3. Mengetahui Estimasi Dana Pendidikan

Menghitung dan mempersiapkan dana pendidikan sejak awal akan memberikan Anda gambaran penuh tentang biaya apa saja yang perlu dikeluarkan selama anak bersekolah. Dari sini, dapat diketahui secara detail berapa dan apa saja biaya yang perlu Anda keluarkan di setiap jenjang pendidikan anak.

Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak

 

Lalu, bagaimana cara menghitung biaya pendidikan anak yang tepat? Nah berbicara soal cara menghitung biaya pendidikan anak, ada sejumlah faktor dan rumus yang perlu Anda perhatikan. Rumus cara menghitung biaya pendidikan anak yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Present Value (PV): nilai biaya yang Anda miliki saat ini.

  2. Future Value (FV): nilai biaya masa depan.

  3. Inflasi.

  4. Jangka waktu menabung.

  5. Periodic Payment (PMT) atau Monthly Periodic Payment: kontribusi per bulan.

Contoh Perhitungan Biaya Pendidikan Anak

 

Pak Budi berencana mengumpulkan uang untuk kuliah anaknya yang saat ini masih berusia 5 tahun. Di Kampus X yang dikehendaki Pak Budi, biaya kuliahnya saat ini adalah sebesar Rp50.000.000.

Lalu, berapa biaya pendidikan yang dibutuhkan saat anak Pak Budi berusia 18 tahun dan akan masuk kuliah?

Dari contoh tersebut, didapat jangka waktu sekitar 13 tahun atau 156 bulan yang bisa Pak Budi gunakan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anaknya. Kemudian, berdasarkan nilai inflasi 10% per tahun, maka tambahan biaya pendidikan anak Pak Budi dalam jangka waktu 13 tahun kurang lebih adalah Rp122.613.561.

Jika biaya saat ini (PV) sebesar Rp50.000.000 dan tambahan biaya tersebut di total, maka dana pendidikan yang Pak Budi butuhkan (FV) adalah Rp172.613.561. Nilai tersebut apabila dibagi dengan jangka waktu yang ditargetkan, maka menghasilkan kontribusi per bulan sebesar Rp1.116.820.

Namun, contoh yang di atas hanyalah ilustrasi. Agar lebih praktis dan mudah dalam menghitung biaya pendidikan anak, Anda dapat menggunakan kalkulator pendidikan dari Prudential.

Itu tadi beberapa faktor penting dan cara menghitung biaya pendidikan anak di masa depan. Untuk membantu memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak, Anda dapat mendaftarkan diri dalam program PRUCerah dari Prudential Syariah.

Asuransi jiwa syariah PRUCerah memberikan perlindungan terbaik bagi keluarga Anda, salah satunya manfaat dana kebutuhan pendidikan anak Anda. Selain dana pendidikan, Anda juga akan mendapat perlindungan dan manfaat lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai asuransi syariah dari Prudential Syariah, silakan kunjungi akun Instagram atau Facebook Prudential Syariah atau kunjungi laman web Prudential Syariah. Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. Prudential Syariah adalah perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah terkemuka di Indonesia. PT Prudential Sharia Life Assurance amanah dalam mengelola dana peserta sesuai dengan prinsip syariah serta  berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.