Berencana Mudik? Pastikan 5 Persiapan Mudik Ini Sudah Aman!

Ramadan merupakan bulan penuh ibadah dan ampunan yang spesial bagi umat Islam. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak kegiatan yang hanya dapat kita lihat selama bulan Ramadan seperti takjil dadakan, ngabuburit, itikaf, sahur on the road, hingga mudik lebaran.

Berdasarkan data World Population Review, Indonesia menyandang predikat negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Hal ini tentunya akan menghadirkan momen yang berbeda setiap kali bulan Ramadan hingga lebaran tiba. Kemacetan panjang selama perjalanan sudah menjadi hal yang biasa terjadi di Indonesia selama mudik setiap tahunnya.

Lalu, persiapan mudik seperti apa yang perlu Anda lakukan untuk menghadapi perjalanan pulang ke kampung halaman? Simak beberapa tipsnya di bawah ini.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik Lebaran

 

Berikut ini 5 tips persiapan mudik agar perjalanan untuk menyambung tali silaturahmi dengan sanak keluarga Anda menjadi aman dan nyaman.

1. Barang Bawaan

Sering kita lihat dalam perjalanan mudik, masyarakat membawa barang yang terlalu banyak hingga terkadang melebihi kemampuan muatan kendaraan. Hal ini tentu berbahaya karena dapat mengganggu kondisi operasional kendaraan. Maka dari itu, bawalah barang dan perlengkapan pribadi seperlunya selama mudik. Selain itu, kemas barang bawaan Anda dengan rapi agar mudah menyimpannya dalam kendaraan.

Jika ingin membawa oleh-oleh, Anda dapat menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimnya ke kampung halaman. Sehingga, Anda hanya perlu membawa barang kebutuhan pribadi selama dalam perjalanan mudik.

2. Transportasi

Persiapan mudik lebaran berikutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah transportasi yang digunakan. Tentukan apakah Anda akan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum. Jika memilih mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang prima. Anda juga perlu membawa kendaraan ke bengkel terlebih dahulu untuk memastikan perjalanan selama mudik lebih aman.

Jangan lupa juga untuk memeriksa dan membawa surat-surat kendaraan agar mudik lebih lancar. Namun pastikan Anda menyimpan surat kendaraan tersebut dengan aman, agar terhindar dari tindak pencurian. Tentu bukan rahasia lagi jika saat musim mudik banyak modus pencurian yang beredar.

3. Perbekalan

Selain membawa barang yang harus dibawa saat mudik, Anda juga harus mempersiapkan perbekalan seperti makanan, minuman, dan juga obat-obatan. Anda perlu membawa perbekalan untuk mengantisipasi jika terjebak dalam kemacetan dan kendaraan Anda tidak bisa bergerak dalam waktu yang lama.

Tidak hanya itu, membawa bekal dari rumah membuat Anda terhindar dari membeli makanan yang ada di tepi jalan. Pasalnya, makanan tersebut kurang terjamin kebersihannya dan dapat menurunkan kondisi tubuh Anda.

Anda juga perlu menyiapkan uang tunai untuk digunakan untuk membayar keperluan yang mendesak. Namun jangan membawa uang yang terlalu banyak agar jika nanti terjadi hal buruk yang tidak diinginkan, maka Anda tidak mengalami kerugian yang lebih besar.

4. Kondisi Tubuh

Perjalanan yang penuh dengan kemacetan tentu akan menguras kesehatan dan tenaga Anda. Oleh karena itu, pastikan kondisi kesehatan Anda selalu terjaga agar silaturahmi di kampung halaman nantinya tidak terganggu. Untuk mengantisipasi kelelahan, Anda disarankan untuk tidur minimal 7 jam per hari dan bergantian selama berkendara. Konsumsi vitamin dan suplemen juga penting untuk Anda dan keluarga lakukan selama dalam perjalanan.

5. Lain-lain

Umumnya, masyarakat akan mudik dengan waktu yang tidak sebentar. Tidak hanya itu, Anda juga pasti menginginkan kegiatan mudik selalu aman dan nyaman. Oleh karena itu, selain beberapa hal penting di atas, Anda sebaiknya juga menyiapkan beberapa hal pendukung seperti memastikan syarat mudik lebaran, hiburan saat di perjalanan, memastikan sinyal saat berada di kampung, hingga dana darurat.

Perlindungan Ekstra Untuk Keluarga dari Risiko Selama Mudik

 

Mudik lebaran sering kali mendatangkan risiko tak terduga walaupun Anda sudah melakukan persiapan mudik dengan matang. Kecelakaan yang mengakibatkan luka-luka hingga meninggal dunia pun dapat terjadi akibat kelalaian pemudik lain.

Oleh karena itu, penting untuk memberi perlindungan ekstra persiapan mudik Anda dengan produk asuransi jiwa syariah. Salah satu produk asuransi jiwa di Indonesia yang sudah menggunakan prinsip syariah adalah PRUCinta dari Prudential Syariah.

PRUCinta menyediakan perlindungan dari risiko meninggal dunia dan kecelakaan selama perjalanan mudik bagi Anda dan keluarga. Tidak hanya itu, PRUCinta juga menyediakan berbagai pilihan kontribusi bulanan yang terjangkau dengan masa perlindungan hingga 20 tahun.

Tunggu apa lagi? Yuk segera kunjungi website Prudential Syariah serta Facebook dan Instagram untuk informasi lebih lanjut! Hubungi juga Customer Line Prudential Syariah di (021) 1500 577. Prudential Syariah adalah perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah terkemuka di Indonesia. PT Prudential Sharia Life Assurance amanah dalam mengelola dana peserta sesuai dengan prinsip syariah serta  berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.