Penerapan Kebijakan Anti Tindakan Fraud

Penerapan Kebijakan Anti Tindakan Kecurangan (Fraud) di PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah)

Kepada Seluruh Peserta (Pemegang Polis, Peserta Yang Diasuransikan dan Penerima Manfaat), Mitra Bisnis, dan Pemangku Kepentingan Lainnya dari PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah)

Sebagai perusahaan joint-venture pertama di Indonesia yang berhasil melakukan spin off menjadi entitas terpisah hasil pelembagaan Unit Syariah PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) sejak 2022, PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) berkomitmen untuk menjalankan bisnis dengan penuh integritas sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance), dan selalu menjalankan mekanisme kontrol atas risiko tindakan kecurangan/fraud dengan ketat.

Mekanisme kontrol dilakukan demi melindungi para pemangku kepentingan kami, termasuk Peserta, karyawan, dan mitra bisnis, dari risiko yang mungkin timbul di kemudian hari sekaligus meningkatkan kesadaran bersama akan risiko kecurangan (fraud).

Mekanisme ini mencakup pencegahan, penindakan, dan penerapan strategi anti-fraud terhadap kemungkinan tindakan-tindakan fraud yang akan berujung pada penyelesaian masalah melalui proses hukum.

Prudential Syariah mengimbau kepada seluruh Peserta agar senantiasa waspada terhadap oknum-oknum yang mengatasnamakan Prudential Syariah, yang mungkin dapat memanfaatkan kelengahan Peserta demi memperoleh keuntungan dengan melakukan fraud tersebut, misalnya seperti menawarkan produk Prudential Syariah yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan fitur produk.

Oleh karena itu, kami juga mengimbau kepada seluruh Peserta untuk selalu membaca dan mempelajari setiap dokumen terkait Polis serta tidak menandatangani dokumen apa pun dalam keadaan kosong atau sebelum memahami maksud dan tujuan penandatanganannya.

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan berkonsultasi kepada Tenaga Pemasar Prudential Syariah Anda atau kepada Prudential Syariah secara langsung melalui Customer Care Centre di kantor Prudential Syariah, Customer Line 1500577, atau e-mail  customer.idn@prudentialsyariah.co.id.  Kebutuhan para Peserta merupakan prioritas kami dan kami selalu siap membantu dan melayani Anda.

Dengan memahami Polis dan produk asuransi yang dibeli, maka Peserta dapat memenuhi kebutuhan perlindungan finansialnya yang sejalan dengan kemampuan serta tujuan finansialnya sehingga dapat merasakan manfaat Polis secara lebih optimal.

Prudential Syariah juga ingin mengingatkan pentingnya memberikan informasi yang sebenar-benarnya, baik dalam proses pembukaan Polis maupun saat pengajuan klaim. Lampirkan dokumen yang valid sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku atau persyaratan terkait dalam Ketentuan Polis, seperti dokumen identitas diri (Kartu Tanda Penduduk), Kartu Keluarga, dokumen keterangan medis yang dikeluarkan rumah sakit, maupun dokumen surat kematian yang sah yang dikeluarkan oleh instansi terkait.  Penggunaan dokumen-dokumen yang tidak sesuai dengan peraturan atau persyaratan dalam Ketentuan Polis akan dianggap tidak sah dan dapat mengindikasikan adanya tindakan fraud yang dapat membawa kerugian bagi para pihak yang bersangkutan.

Prudential Syariah juga mengimbau seluruh Peserta untuk melakukan pembayaran Kontribusi secara autodebit atau transfer uang Kontribusi dan top-up secara langsung ke rekening Polis Prudential Syariah demi kelangsungan proses yang aman.

Kami sangat menghargai dan mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari seluruh pemangku kepentingan Prudential Syariah dalam rangka upaya pencegahan dan peningkatan kesadaran atas adanya kejadian fraud. Dengan begitu, kita bisa bersama-sama mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan lebih sejahtera.


Tertanda,

Manajemen PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah)

 

 

 

Tips Aman dari Fraud:

Sebagai upaya pencegahan dan peningkatan kesadaran atas kejadian fraud, Prudential Syariah mengimbau kepada Peserta untuk memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Membaca dan memahami isi dokumen-dokumen/formulir serta memastikan informasi yang dibutuhkan sudah terisi dengan baik sebelum menandatangani.

  2. Memahami produk dan jenis proteksi yang akan dibeli.

  3. Konsultasi dengan Tenaga Pemasar jika ada hal-hal yang kurang/tidak jelas (contoh: manfaat Polis, ilustrasi, biaya-biaya, dll) atau hubungi Prudential Syariah secara langsung melalui Customer Care Centre di kantor Prudential Syariah, Customer Line 1500577, atau email customer.idn@prudentialsyariah.co.id. Kami siap membantu dan melayani Anda.

  4. Lakukan pembayaran Kontribusi dan top-up melalui autodebit  rekening bank atau transfer ke rekening Polis.

  5. Gunakan dokumen-dokumen yang benar/sah (contoh: dok ID seperti KTP, KK, dokumen medis instansi Kesehatan, dll) untuk melakukan semua transaksi Polis, seperti pengajuan klaim, penarikan dana, dan penutupan Polis. Jangan pernah menandatangani dokumen/formulir dalam keadaan kosong.

  6. Jagalah akun (userID) aplikasi yang digunakan untuk mengakses layanan Prudential Syariah, bersama password anda, jangan sesekali membagikan user ID dan password ke pihak manapun termasuk kepada Tenaga Pemasar Anda.

  7. Ganti password Anda secara berkala.